Taliban Mengaku Dalangi Serangan di Kabul

Sabtu, 08 Agustus 2015 - 18:02 WIB
Taliban Mengaku Dalangi Serangan di Kabul
Taliban Mengaku Dalangi Serangan di Kabul
A A A
KABUL - Kelompok pemberontak Taliban mengaku bertanggungjawab atas serangan bunuh diri di sebuah Akademi Kepolisian yang berada di kota Kabul, Afghanistan. Akibat serangan bom itu, 22 orang tewas dan hampir 30 orang lainnya mengalami luka-luka.

Pengakuan itu ditulis oleh surat kabar Dawn News, satu dari beberapa sumber berita terpercaya untuk kelompok Taliban di Pakistan. Dalam beritanya, Dawn News menyatakan, Taliban telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, seperti dikutip dari situs khaama.com, Sabtu (8/8/2015).

Sebelumnya, seorang pelaku bom bunuh diri meledakan dirinya di tengah-tengah taruna Akademi Kepolisian yang terletak di Kabul, Kamis kemarin. Pelaku bisa lolos masuk ke dalam akademi karena menyamar sebagai anggota polisi dengan menggunakan seragam kepolisian setempat.

Aksi bom bunuh diri ini merupakan yang terbesar pasca tewasnya pemimpin kelompok militan itu, Mullah Mohammad Omar. Selain itu, serangan bom bunuh diri ini merupakan yang paling mematikan ke dua yang pernah terjadi di Kabul.

Selain di Kabul, serangan bom juga terjadi di daerah Shah Shaheed dan menewaskan 15 orang, serta melukai sekitar 400 orang. Ledakan juga menyebabkan beberapa rumah, toko, dan tempat-tempat bisnis lain yang berada di daerah sekitarnya hancur.

Ledakan juga menyebabkan kerugian yang sangat besar. Menanggapi aksi tersebut, pihak pemerintah Afghanistan membentuk sebuah komite untuk menilai kerugian agar bisa memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak ledakan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4891 seconds (0.1#10.140)