Spesifikasi UH-60 Black Hawk AS yang Melantai di Pangkalan AD Ukraina

Kamis, 23 Februari 2023 - 15:00 WIB
loading...
Spesifikasi UH-60 Black Hawk AS yang Melantai di Pangkalan AD Ukraina
Spesifikasi UH-60 Black Hawk AS yang Melantai di Pangkalan AD Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Helikopter UH-60 Black Hawk milik Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) kini telah diterjunkan untuk mengisi armada tempur Ukraina . Pengiriman helikopter ini datang tanpa pemberitahuan lantaran UH-60 Black Hawk tidak termasuk dalam paket bantuan manapun dan belum pernah disebutkan oleh pejabat AS maupun Ukraina.

Dalam unggahan twitter @DI_Ukraine, memperlihatkan helikopter hitam bercorak biru dan sedikit putih dilengkapi dengan bendera ukraina. Menurut Eurasiantimens, desain ini mirip dengan UH-60A yang pernah diterbangkan oleh Ace Aeronautics, LLC, sebuah perusahaan AS yang berkantor pusat di Guntersville, Alabama.



Beberapa orang berspekulasi itu bisa jadi helikopter yang sebelumnya dibeli dari stok Angkatan Darat AS dan diperbarui untuk kepentingan perusahaan Amerika Ace Aeronautics, LLC.

Black Hawk sendiri telah banyak memiliki pengalaman di berbagai operasi khusus. Terutama ketika membantu Angkatan Darat AS melakukan misi di Afghanistan.

Helikopter UH-60 Black Hawk adalah pesawat angkut menengah dan serbu udara utama Angkatan Darat AS bermesin ganda. UH-60 Black Hawk dilengkapi dengan rotor 4 bilah tunggal dan rotor ekor 4 bilah tunggal.

Dua mesin yang diusung adalah turboshaft General Electric T700-GE-701 dengan masing-masing memiliki 1.560 tenaga kuda. Kendaraan besutan Sikorsky ini mampu mengangkut empat awak yang terdiri dari pilot, co-pilot, dan dua kepala kru.



Selain itu, helikopter ini juga dilengkapi dengan akomodasi pasukan untuk mengangkut 11 tentara tempur lengkap dengan perlengkapannya. Untuk kapasitas maksimumnya sendiri dapat mencapai 20 personil berperalatan ringan.

Untuk pertahanan diri, Black Hawk dilengkapi dengan penerima peringatan radar AN/APR-39 (v) 1, serta sistem penanggulangan inframerah AN/ALQ-144.

Kecepatan dari helikopter ini mencapai 150 knot atau sekitar 277 km/jam. Dengan jangkauan 320 mil laut atau 592 km. Berat dari helikopter bila terisi penuh 11 penumpang mencapai 2640 lbs atau 1197 kg.

Meskipun tidak dilengkapi dengan sistem senjata khusus, UH-60 dilengkapi dengan dua dudukan pintle yang mampu menampung senjata seperti senapan mesin.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)