alexametrics

Mengenal Pulau Reunion, Kunci Penguak Misteri MH370

loading...
Mengenal Pulau Reunion, Kunci Penguak Misteri MH370
Pulau Reunion. (Istimewa)
A+ A-
SAINT DENIS - Nama pulau Reunion akhir-akhir semakin sering terdengar, sejalan dengan ditemukannya serpihan pesawat yang diduga bagian pesawat Malaysia Airlines MH370. Pulau yang berada di Samudera Hindia ini memang menjadi lokasi ditemukannya serpihan yang mungkin menjadi kunci misteri pesawat nahas tersebut.

Namun, nyatanya masih belum banyak yang tahu mengenai pulau yang disebut oleh orang Prancis sebagai La Reunion itu. Sindonews berusaha sedikit mengungkap mengenai pulau yang berjarak 450 Km dari Madaskar tersebut.
Mengenal Pulau Reunion, Kunci Penguak Misteri MH370

Berdasarkan penelusuran dari beberapa sumber, pulau ini sejatinya sudah dikenal sejak jaman sebelum Masehi. Ini terlihat dalam sebuah peta yang dibuat oleh Al Sharif el-Edrisi pada tahun 1350 sebelum Masehi.

Para pedagang Arab kala itu menggunakan pulau ini sebagai lokasi transit, dan menamakannya Dina Morgabin.



Walaupun pulau ini bagian dari Prancis, tapi yang pertama menemukan pulau Reunion adalah orang-orang Portugis. Dom Pedro Mascarenhas, seorang penjelajah Portugis menemukan pulau ini pada tahun 1507, dan pulau ini menjadi milik pemerintah Portugis hingga satu abad lamanya.
Mengenal Pulau Reunion, Kunci Penguak Misteri MH370

Pada tahun 1600-an, orang-orang Portugis akhinya meninggalkan pulau tersebut dan membiarkannya kosong. Hal ini dimanfaatkan oleh Prancis yang langsung menduduki pulau tersebut. Prancis pada tahun 1642 secara resmi mengklaim pulau tersebut, dan menjadikannya sebagai lokasi pembuangan para penjahat kelas kakap dari negara mereka.

Nama Reunion sendiri diberikan pada tahun 1793, dimana nama ini diberikan berdasarkan sebagai bentuk peringatan atas berakhirnya kekuasaan kerjaan Prancis, dan era baru pemerintahan Prancis dengan sistem demokrasi yang menyatukan seluruh rakyat di negara tersebut.

Selama Perang Dunia II, Reunion berada di bawah otoritas Rezim Vichy sampai 30 November 1942, sebelum akhirnya pasukan Prancis kembali mengambil alih pulau dengan kapal Leopard. Reunion menjadi d├ępartement d'outre-mer (Departemen Luar Negeri) Prancis pada 19 Maret 1946. Kode departemennya adalah 974.

Bagi para penikmat pantai bersih nan sepi, pulau Reunion bisa menjadi salah satu alternqtif wisata. Sama halnya dengan banyak pulau di kawasan tropis, wisata bahari menjadi kekuatan utama di pulau tersebut. Selain itu pulau ini juga dikenal dengan situs-situs bersejarahnya, termasuk beberapa gereja kuno.
Mengenal Pulau Reunion, Kunci Penguak Misteri MH370

Pemerintah Prancis telah memberikan status otonomi kepada pulau ini, dimana mereka memiliki pemerintahan sendiri yang dipimpin oleh Jean-Luc Marx sebagai Presiden Dewan Umum dan Nassimah Dindar sebagai Kepala Pemerintahan.
Mengenal Pulau Reunion, Kunci Penguak Misteri MH370
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak