Bos Al-Qaeda Yaman Kobarkan Perang Terhadap AS

Jum'at, 10 Juli 2015 - 17:20 WIB
Bos Al-Qaeda Yaman Kobarkan Perang Terhadap AS
Bos Al-Qaeda Yaman Kobarkan Perang Terhadap AS
A A A
SANAA - Serangan udara yang menewaskan para petinggi al-Qaeda di Yaman beberapa waktu lalu ternyata telah membuat kelompok tersebut murka. Qassim al-Raymi, yang merupakan pemimpin baru al-Qaeda Yaman langsung mengobarkan perang terhadap Amerika Serikat (AS).

AS, di mata Raymi dan al-Qaeda adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas serangan tersebut. Walaupun tidak menyerang langsung, dukungan senjata kepada Arab Saudi dan seluruh sekutunya menjadikan AS sebagai sosok yang paling disalahkan oleh al-Qaeda.

Seruan perang terhadap AS tersebut diucapkan Raymi dalam pidato pertama paska ditunjuk sebagai bos baru al-Qaeda di Yaman. “Anda semua harus mengumpulkan panah dan pedang untuk melawan AS,” bunyi pidato Raymi yang dipublikasikan kelompok monitoring SITE, seperti dilansir Albawaba pada Jumat (10/7/2015).

Raymi merupakan suksesor Nasser al-Wuhayshi, sebagai komandan militer al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), cabang al-Qaeda yang beroperasi di Yaman dan beberapa wilayah di sekitarnya. Dia menggantikan Wuhayshi yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak di Kota Mukalla, Juni 2015 lalu.

Kematian Wuhayshi sendiri pada awalnya disebut-sebut sebagai pukulan telak bagi al-Qaeda. Sebab, dirinya disebut-sebut sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di kelompok tersebut. Wuhayshi merupakan mantan tangan kanan pemimpin tertinggi al-Qaeda Osama bin Laden, dan merupakan salah satu buruan utama AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3807 seconds (0.1#10.140)