Negara NATO yang Memberikan Tank ke Ukraina

Senin, 13 Februari 2023 - 16:09 WIB
loading...
Negara NATO yang Memberikan Tank ke Ukraina
NATO meningkatkan latihan militer kelompok pertempuran Forward Presence Crystal Arrow 2021 di Adazi. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Komitmen Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk membantu Ukraina menghadapi Rusia semakin kuat.

Sejumlah negara NATO menyatakan kesiapannya dan berjanji meningkatkan dukungan persenjataan Ukraina, di antaranya berupa tank.

Berikut beberapa negara NATO yang memberikan tank ke Ukraina.

1. Polandia

Polandia telah mengirimkan 240 tank T-72 kepada Ukraina, pada masa awal invasi berlangsung. Selain cepat dalam mengirimkan bantuan, Polandia juga dianggap sebagai negara di Uni Eropa yang menjadi dermawan utama dalam mempersenjatai Ukraina.

Warsawa juga telah aktif mendesak Jerman untuk mengirimkan tank Leopard ke Ukraina, yang kemudian disanggupi oleh Jerman pada Januari.

Selain itu, Polandia mengatakan pihaknya akan menambahkan 60 tank modern untuk pasukan Ukraina, menyusul komitmen Jerman. Di antara tank yang akan dikirim tersebut adalah PT-91 dan Leopard 2 milik Polandia.

2. Inggris

PM Inggris Rishi Sunak berjanji mengirimkan tank ke Ukraina, setelah berbincang dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui telepon, pada Januari.

Inggris berjanji akan mengirim 14 tank Challenger 2 untuk membantu pasukan Ukraina menghadapi Rusia. Challenger 2 merupakan tank tempur utama yang digunakan tentara Inggris sejak 1994.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)