Kanselir Jerman Kecam Perdebatan Soal Jet Tempur Buat Ukraina

Selasa, 31 Januari 2023 - 19:43 WIB
loading...
Kanselir Jerman Kecam Perdebatan Soal Jet Tempur Buat Ukraina
Kanselir Jerman kecam perdebatan soal jet tempur untuk Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
SANTIAGO - Kanselir Jerman Olaf Scholz mengkritik diskusi yang sedang berlangsung tentang kemungkinan pengiriman jet tempur ke Ukraina . Hal itu dilaporkan oleh Kantor Pers Jerman.

"Debat yang serius sekarang diperlukan dan bukan kompetisi yang kalah ... di mana mungkin motif politik domestik berada di latar depan alih-alih mendukung Ukraina," kata Scholz saat berkunjung ke Chili seperti dilansir dari Anadolu, Selasa (31/1/2023).

Perdebatan tentang pengiriman jet tempur ke Ukraina telah berlangsung sejak pekan lalu setelah beberapa negara Barat memutuskan untuk menyediakan tank tempur bagi negara yang diserang Rusia itu.

Pemerintah Jerman akan memasok tank Leopard ke Ukraina dan juga memberikan negara lain pilihan untuk mengirimkan tank buatannya itu.



Sehubungan dengan perdebatan tersebut, Scholz memperingatkan di ibu kota Santiago bahwa masalah yang sama pentingnya dengan pengiriman senjata harus tentang masalah dan pertimbangan rasional.

Tak lama setelah perang dimulai pada Februari tahun lalu, Scholz dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengesampingkan zona larangan terbang karena akan menyebabkan konflik antara Rusia dan NATO.

"Permintaan yang tidak masuk akal" seperti pengerahan pasukan darat juga ditolak.

“Semuanya benar-benar telah dikatakan tentang itu – termasuk saya,” kata Scholz.

Ukraina saat ini menuntut jet tempur untuk perangnya dengan Rusia. AS dan beberapa negara Barat lainnya pada prinsipnya telah mempertimbangkan kemungkinan pengiriman. Ketua Partai Sosial Demokrat (SPD) Scholz, Saskia Esken, tidak mengesampingkan pengiriman pesawat tempur selama wawancara dengan lembaga penyiaran publik ARD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)