Rusia Ungkap Lebih Banyak Bukti Biolab AS di Ukraina, Kali Ini Terkait HIV/AIDS

Selasa, 31 Januari 2023 - 07:54 WIB
loading...
A A A
“Harta karun dokumen terbaru, milik perusahaan Pharmbiotest, ditemukan di Lisichansk di Republik Rakyat Luhansk (LPR) awal Januari,” ungkap Kirillov.

“Sampel klinis dan catatan pasien dengan data pribadi mereka dikubur, dan tidak dikremasi atau dihancurkan dengan cara yang semestinya. Ini menunjukkan bahwa penghancuran barang bukti ini dilakukan dengan sangat tergesa-gesa,” papar letnan jenderal itu.

Pada Oktober 2022, Rusia mengajukan pengaduan resmi atas dugaan aktivitas biologis yang didukung AS di Ukraina dan meminta penyelidikan PBB atas masalah tersebut.

Dewan Keamanan PBB menolak proposal Moskow setelah AS, Inggris, dan Prancis memberikan suara menentangnya.

“Penolakan AS sekali lagi menegaskan bahwa Washington memiliki sesuatu yang disembunyikan, dan memastikan transparansi penelitian biologi bertentangan dengan kepentingan AS," ujar Kirillov.

Sebagai bukti dari ancaman luas yang ditimbulkan penelitian biologis Pentagon yang dilakukan di luar perbatasan Amerika, Kirillov merujuk pada keterlibatan AS yang disebutkan sebelumnya dalam studi virus corona, termasuk dengan mendanai Aliansi EcoHealth, lembaga nirlaba yang mengontrak laboratorium di Wuhan, China.

Kirillov juga mengungkit wabah Rift Valley Fever tahun 1977 di Mesir, dekat laboratorium biologi yang dijalankan oleh Angkatan Laut AS.

“Penyakit yang sebelumnya hanya diketahui di selatan Sahara muncul secara mengejutkan di Kairo beberapa bulan setelah pegawai laboratorium divaksinasi untuk melawannya,” papar jenderal Rusia itu.

Selain itu, strain Kairo "sangat patogen" dibandingkan dengan gejala penyakit seperti flu biasa, yang menunjukkan keterlibatan eksperimen peningkatan fungsi.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)