AS Minta Israel Kirim Rudal Hawk ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Kamis, 26 Januari 2023 - 11:05 WIB
loading...
AS Minta Israel Kirim Rudal Hawk ke Ukraina untuk Lawan Rusia
Amerika Serikat meminta Israel mengirim sistem rudal Hawk ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia, namun Tel Aviv menolaknya. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah meminta Israel untuk mengirim rudal anti-pesawat Hawk yang telah lama disimpan ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia .

Itu diungkap tiga pejabat Israel dan AS kepada Axios, yang dilansir Kamis (26/1/2023).

Tel Aviv sejauh ini telah menolak sebagian besar permintaan Washington dan Kiev untuk menyediakan persenjataan canggih dan defensif ke Ukraina. Sebab, negara Yahudi itu khawatir langkah semacam itu dapat menciptakan ketegangan dengan Moskow dan membahayakan kepentingan keamanan Israel di Suriah.

Rusia memiliki pengaruh yang sangat besar di Suriah, tetapi Moskow dilaporkan telah memungkinkan Israel untuk beroperasi secara bebas melawan aktivitas Iran di sana.

Baca juga: Ini Alasan Israel Ogah Pasok Iron Dome ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Perihal sistem rudal Hawk, Israel diketahui telah membelinya dari AS pada 1960-an untuk mempertahankan diri dari serangan udara Mesir dan Suriah.

Pada saat itu, sistem anti-pesawat yang dikembangkan Raytheon tersebut merupakan teknologi mutakhir.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, Israel telah beralih ke sistem lain, termasuk sistem pertahanan Patriot AS dan sistem pertahanan Iron Dome and Arrow miliknya sendiri.

Satu dekade yang lalu, militer Israel menghentikan operasional sistem Hawk.

Seorang pejabat senior Israel mengatakan kepada Axios bahwa sekitar 10 baterai Hawk dan ratusan misil pencegat masih disimpan di Israel.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1422 seconds (10.55#12.26)