5 Negara Eropa dengan Militer Terkuat, Nomor 2 Sedang Bergejolak

Selasa, 24 Januari 2023 - 21:00 WIB
loading...
5 Negara Eropa dengan Militer Terkuat, Nomor 2 Sedang Bergejolak
5 Negara Eropa dengan Militer Terkuat, Nomor 2 Sedang Bergejolak. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima negara Eropa dengan militer terkuat. Salah satunya tengah berperang dengan Rusia sejak Februari 2022 lalu.

Seiring waktu, negara-negara di dunia terus mengembangkan kekuatan militernya. Tak hanya melatih para tentara yang ahli, mereka juga turut memperkuat sektor militer dengan dukungan berbagai persenjataan canggih yang dibeli maupun dikembangkan sendiri.



Pada tahun 2023 ini, Global Fire Power (GFP) kembali memberikan pemeringkatan militer terhadap negara-negara di dunia, termasuk di antaranya adalah yang terkuat di Eropa. Namun, perlu diketahui bahwa Rusia tidak masuk daftar ini karena GFP mengelompokkannya sebagai negara Asia.

Melansir laman Global Fire Power, Selasa (24/1/2023), berikut sejumlah negara Eropa dengan militer terkuat.

1. Polandia
Polandia menjadi negara pertama dalam daftar ini. Berdasarkan data Global Fire Power 2023, negara yang berada di kawasan Eropa Tengah ini berada di peringkat 20 dunia dari 145 negara lain yang ikut mendapat pemeringkatan.

Dengan skor index 0,3406, Polandia menembus posisi lima besar dalam hal kekuatan militer negara-negara Eropa. Anggota Uni Eropa ini tercatat memiliki 120.000 ribu personel aktif yang didukung berbagai persenjataan militer, baik di sektor darat, laut, hingga udara.

2. Ukraina
Berikutnya ada Ukraina. Saat ini, negara yang dipimpin Volodymyr Zelensky ini tengah berperang dengan Rusia. Adapun konflik tersebut berkecamuk pasca Kremlin melakukan invasi pada 24 Februari 2022 lalu.

Dengan skor power index 0,2516, Ukraina berada di peringkat keempat di Eropa serta 15 dunia. Hal tersebut menjadi cukup masuk akal dengan melihat bagaimana mereka bisa meladeni Rusia, terutama untuk saat ini.

Dengan perkiraan populasi mencapai 43 juta jiwa lebih, Ukraina memiliki sekitar 200.000 personel aktif dan didukung berbagai persenjataan militer dengan kemampuan mumpuni.



3. Italia
Italia menjadi negara Eropa dengan kekuatan militer terkuat selanjutnya. Pada pemeringkatan terbaru Global Fire Power 2023, mereka tercatat memiliki skor power index sekitar 0,1973 dan berada di peringkat 10 dunia.

Dalam statusnya, Italia juga menjadi salah satu bagian dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara alias NATO. Mereka diperkirakan memiliki jumlah personel aktif mencapai 170.000 yang terbagi dalam matra darat, laut, hingga udara.

4. Prancis
Prancis menjadi salah satu negara Eropa dengan kekuatan militer yang tak bisa diremehkan. Selain personil aktif yang mumpuni, mereka juga memiliki sederet persenjataan canggih dengan kemampuan menakjubkan.

Menurut data Global Fire Power 2023, Prancis memiliki skor power index 0,1848 dan berada di peringkat 9 dunia. Untuk kawasan Eropa, Paris berada di posisi kedua dan tepat di bawah Britania Raya.

Sebagai anggota NATO, kekuatan militer Prancis memang tak bisa diremehkan. Dengan perkiraan personel aktif mencapai 205.000, kekuatan negara ini tersebar merata pada setiap angkatan bersenjatanya.

5. United Kingdom
United Kingdom berada di urutan teratas daftar negara Eropa dengan militer terkuat. Berada di peringkat kelima dunia, mereka memiliki skor power index 0,1435 dan masuk posisi 5 besar dunia menurut pemeringkatan Global Fire Power 2023.

Selain jumlah personel dan peralatan militernya yang tak perlu diragukan kembali, mereka juga didukung oleh anggaran militer yang besar. Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan ketika mereka memiliki lebih dari satu kapal induk.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)