2 Negara Komunis yang Jadi Anggota ASEAN, Salah Satunya Jarang Diketahui

Jum'at, 20 Januari 2023 - 21:14 WIB
loading...
2 Negara Komunis yang Jadi Anggota ASEAN, Salah Satunya Jarang Diketahui
Laos dan Vietnam adalah dua negara komunis yang menjadi anggota ASEAN. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
JAKARTA - Terdapat dua negara komunis yang berada di Asia Tenggara. Mereka adalah dua dari lima negara yang masih menerapkan komunisme dalam sistem pemerintahannya.

Komunis pada dasarnya merupakan ideologi ekonomi dan politik dimana alat produksi dimiliki secara komunal atau bersama dan diatur oleh negara dan menghapuskan sistem kelas.

Ideologi yang dipopulerkan oleh Karl Marx ini mendambakan negara yang ideal demi tercapainya keseimbangan ekonomi dan sosial di masyarakat.

Dalam sistem pemerintahan komunisme ini, segala harga barang, upah buruh, dan jumlah produksi akan diatur oleh negara.

Berikut 2 negara komunis yang ada di Asean :

1. Vietnam

Dilansir dari BBC, Vietnam merupakan negara komunis satu partai. Hal tersebut telah berlangsung sejak tahun 1975, ketika pasukan utara yang didukung Uni Soviet mengalahkan pasukan selatan yang didukung AS.

Partai komunis pertama di Vietnam didirikan pada tahun 1930, dan disebut Partai Komunis Indochina. Meskipun merupakan negara komunis, Negeri Naga Biru telah mengadopsi beberapa prinsip kapitalis dalam beberapa dekade terakhir.

Dimulai ketika reformasi pasar bebas pada 1980-an dan dukungan pengusaha telah menjadikan Vietnam salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Ideologi komunisme di Vietnam didasarkan pada Marxisme-Leninisme dan Pemikiran Ho Chi Minh. Pada tahun-tahun awal pasca-1975, Marxisme-Leninisme secara khusus berarti bahwa pemerintah dan ekonomi dikontrol secara ketat dari pusat, sementara pertanian dan pabrik dijalankan secara kolektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)