AS: China Malu dengan Hasil Perang Rusia di Ukraina, Tak Nyaman dengan Retorika Nuklir

Senin, 14 November 2022 - 11:57 WIB
Pejabat senior AS sebut China terkejut dan malu dengan hasil perang Rusia di Ukraina. Foto/REUTERS
NUSA DUA - Perdana Menteri (PM) China Li Keqiang menekankan bahwa ancaman penggunaan senjata nuklir tidak bertanggung jawab selama pertemuan puncak di Kamboja. Hal itu diungkap seorang pejabat senior pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Senin (14/11/2022).

Menurutnya, itu menunjukkan bahwa Beijing tidak nyaman dengan retorika nuklir mitra strategisnya; Rusia .

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, memberi pengarahan kepada wartawan menjelang pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia.

Dia mengatakan China telah dibuat terkejut dan malu dengan hasil perang Rusia di Ukraina .

PM Li Keqiang telah berpartisipasi dalam KTT Asia Timur pada hari Minggu bersama dengan Presiden Joe Biden. "Perdana Menteri China berbicara agak luas tentang kebijakan China terhadap Ukraina,” kata pejabat senior Amerika tersebut, seperti dikutip Reuters.





"Li menekankan dengan jelas pada kedaulatan, pada ancaman nuklir yang tidak bertanggung jawab, kebutuhan untuk memastikan bahwa senjata nuklir tidak digunakan dengan cara yang disarankan beberapa orang,” ujarnya.

Barat selama ini menuduh Rusia membuat pernyataan yang tidak bertanggung jawab tentang kemungkinan penggunaan senjata nuklir sejak invasi Februari ke Ukraina. Moskow pada gilirannya menuduh Barat yang melontarkan retorika nuklir provokatif.

"Tidak dapat disangkal ada beberapa ketidaknyamanan di Beijing tentang apa yang telah kita lihat dalam hal retorika dan aktivitas sembrono di pihak Rusia, meskipun ada kemitraan formal dengan Moskow," lanjut pejabat AS tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More