Rusia Resmi Dipersenjatai Kapal Selam Kiamat dengan Poseidon, Bisa Bikin AS Tsunami 500 Meter

Sabtu, 09 Juli 2022 - 15:04 WIB
AL Rusia resmi menerima kapal selam terpanjang di dunia, K-329 Belgorod, yang dijuluki Barat sebagai kapal selam kiamat. Kapal ini dilengkapi torpedo nuklir Poseidon yang bisa timbulkan tsunami 500 meter. Foto/EurAsian Times
MOSKOW - Angkatan Laut Rusia resmi menerima kapal selam terpanjang di dunia, K-329 Belgorod, yang dijuluki sebagai "kapal selam kiamat". Kapal ini dilengkapi dengan Poseidon , torpedo nuklir yang diklaim mampu menciptakan efek tsunami radioaktif setinggi 500 meter di wilayah pantai negara musuh termasuk Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

K-329 Belgorod diserahkan kepada Angkatan Laut Rusia pada hari Jumat (8/7/2022) di galangan kapal Sevmash di Severodvinsk.

Komandan Angkatan Laut Laksamana Nikolai Yevmenov menghadiri upacara tersebut dan berterima kasih kepada pembuat kapal yang telah mengirimkan kapal selam, yang menurutnya, adalah kapal penelitian.

K-329 Belgorod dirancang untuk dapat membawa hingga enam torpedo nuklir Poseidon, senjata yang sebenarnya masih dalam pengembangan.

"Belgorod membuka peluang baru bagi Rusia dalam melakukan berbagai penelitian, memungkinkan kami untuk melakukan berbagai ekspedisi ilmiah dan operasi penyelamatan di daerah paling terpencil di lautan," kata Yevmenov pada upacara tersebut seperti dikutip Russia Today,Sabtu (9/7/2022).





Dia berterima kasih kepada Sevmash, biro desain Rubin dan seluruh industri militer Rusia karena berhasil membangun kapal selam terpanjang di dunia.

Kapal selam multiguna ini sebelumnya dikenal sebagai Project 09852. Hal ini didasarkan pada seri Project 949A, yang dikenal di Barat sebagai kelas Oscar II, tetapi dengan modifikasi yang signifikan.

Lambung yang diperpanjang memungkinkan Belgorod membawa drone bawah laut, kendaraan penyelamat laut dalam (DSRV), serta kapal selam bertenaga nuklir yang lebih kecil seperti AS-31 Losharik.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More