Terlibat dalam Serangan Drone ke Rumah Netanyahu, Khamenei Jadi Target Utama Serangan Israel

Minggu, 20 Oktober 2024 - 18:34 WIB
Ayatollah Ali Khamanei jadi target serangan Israel setelah Hizbullah menarget Benjamin Netanyahu. Foto/@khamenei_irX/X
GAZA - Israel diprediksi akan menjadikan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei sebagai target utama serangan. Itu dikarenakan Iran juga mendukung Hizbullah dalam menyerang kediaman Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu.

Jean-Marc Rickli, kepala risiko global di Pusat Kebijakan Keamanan Jenewa, mengatakan fakta bahwa pemimpin Israel menuding Iran atas serangan terhadap kediamannya di Caesarea dapat berubah menjadi eskalasi besar.

"Jika kita melihat padanan Benjamin Netanyahu yang diserang oleh pesawat tanpa awak yang dianggap sebagai upaya pembunuhan... jika kita membandingkannya dengan Iran, target yang sah bisa jadi adalah pemimpin tertinggi," kata Rickli kepada Al Jazeera.



Rickli mengungkapkan Israel berusaha membangun pencegahan terhadap proksi dan pengganti Iran di wilayah tersebut, tidak hanya Hizbullah tetapi juga Houthi dan kelompok lainnya.

"Israel memberi sinyal bahwa mereka siap untuk menerapkan apa yang telah mereka lakukan dengan Hamas dan apa yang telah mereka mulai lakukan dengan Hizbullah - yaitu memenggal kepala gerakan-gerakan ini terlebih dahulu - dan kemudian mencoba menetralisir gerakan-gerakan ini."

Sementara itu, Netanyahu mengatakan pesawat nirawak yang diluncurkan dari Lebanon yang menargetkan kediamannya di kota Caesarea pada hari Sabtu merupakan upaya Hizbullah untuk "membunuhnya".

Serangan itu terjadi saat pertempuran terus berkecamuk di Gaza, tempat operasi militer Israel yang besar-besaran telah menewaskan lebih dari 400 orang dalam dua minggu di wilayah utara.

Kantor Netanyahu mengatakan sebuah pesawat nirawak diluncurkan ke kediamannya di kota Caesarea pada hari Sabtu, tetapi ia dan istrinya tidak berada di rumah pada saat itu dan tidak ada yang terluka.

"Upaya yang dilakukan oleh Hizbullah proksi Iran untuk membunuh saya dan istri saya hari ini adalah kesalahan besar," kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More