Lebanon Memanas, AS Akan Tambah Pasukan di Timur Tengah

Minggu, 29 September 2024 - 18:15 WIB
AS akan menambah pasukannya di Timur Tengah karena konflik Lebanon yang makin memanas. Foto/X
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) sedang mempertimbangkan untuk menambah kehadiran militernya di Timur Tengah setelah serangan udara Israel menewaskan pemimpin politik Hizbullah Hassan Nasrallah.

Menurut dua pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, militer telah memberikan Menteri Pertahanan Lloyd Austin opsi untuk memindahkan pasukan tambahan ke wilayah tersebut.

Menteri pertahanan tersebut kemudian dilaporkan membahas perubahan postur tersebut dengan Presiden AS Joe Biden dan pejabat keamanan nasional. NBC News melaporkan bahwa meskipun belum ada keputusan segera yang dibuat, Austin memiliki kewenangan untuk mengirim pasukan tambahan.



Awal bulan ini, Pentagon telah bergerak untuk memperkuat kehadiran militernya di Timur Tengah karena ketegangan antara Hizbullah yang didukung Iran dan Israel meningkat. Saat ini ada sekitar 40.000 tentara AS di wilayah tersebut, termasuk lebih dari selusin kapal perang.



Para pejabat AS mengatakan kepada jaringan tersebut bahwa Pentagon menganggap pasukan ini memadai untuk menghadapi tantangan potensial, tetapi dapat memperpanjang beberapa penempatan saat ini atau membuat penyesuaian dalam pertahanan udara dan kemampuan lainnya. AS juga siap mendukung evakuasi darurat warga sipil Amerika dari wilayah tersebut jika diperlukan, kata artikel tersebut.

Ketegangan di Timur Tengah meningkat pada hari Sabtu setelah Israel melakukan serangan udara di kompleks Hizbullah di Beirut, menewaskan Nasrallah, pemimpin lama kelompok Islamis tersebut dan musuh bebuyutan negara Yahudi tersebut. Para pejabat di Yerusalem Barat juga mengklaim telah memusnahkan hampir semua pemimpin militer Hizbullah selama beberapa minggu terakhir.

Setelah pembunuhan Nasrallah, Hizbullah berjanji untuk melanjutkan "jihadnya dalam menghadapi musuh, untuk mendukung Gaza dan Palestina." Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memperingatkan bahwa "darah martir tidak akan luput dari pembalasan."

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan siap untuk menangkal potensi pembalasan, dengan menempatkan militer dalam "siaga tinggi." Pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Washington Post bahwa pemerintahan Biden juga bersiap menghadapi eskalasi, seraya menambahkan bahwa "sulit untuk memprediksi apa yang mungkin terjadi dalam beberapa hari mendatang," dengan risiko utama adalah respons Iran terhadap pembunuhan tersebut.

Pejabat AS juga mengeluh bahwa mereka tidak mendapat peringatan sebelumnya dari Israel tentang rencananya untuk membunuh Nasrallah, dan bahwa mereka terkejut oleh dugaan operasi Israel untuk meledakkan pager dan radio portabel yang menewaskan dan melukai puluhan anggota Hizbullah awal bulan ini.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More