Hizbullah Miliki 200.000 Rudal, Iron Dome Bisa Kewalahan dan Kota-kota Israel Hancur

Kamis, 26 September 2024 - 09:42 WIB
Analis memperingatkan bahwa Hizbullah memiliki sekitar 200.000 rudal yang bisa membuat sistem pertahanan Iron Dome kewalahan dan kota-kota Israel hancur. Foto/X @IDF
TEL AVIV - Para analis memperingatkan dampak mengerikan yang bisa dialami Israel jika perang habis-habisan melawan Hizbullah Lebanon pecah.

Menurut mereka, kelompok pro-Iran itu memiliki stok rudal hingga 200.000 unit yang bisa membuat sistem pertahanan misil Iron Dome Israel kewalahan dan akibatnya kota-kota di negara Yahudi itu bisa hancur.

Data yang memprediksi Hizbullah memiliki stok sekitar 200.000 rudal itu sudah dipaparkan lembaga Center for Strategic and International Studies (CSIS) pada Maret lalu.



"Perang antara Israel dan Hizbullah, jika benar-benar menjadi perang habis-habisan, akan meningkat sangat, sangat cepat," kata William Wechsler, direktur senior Rafik Hariri Center and Middle East Programs di Atlantic Council, kepada Business Insider, yang dilansir Kamis (26/9/2024).



Jika Hizbullah mengambil langkah itu, negara-negara pendukung Zionis Israel, termasuk Amerika Serikat (AS), akan segera terseret ke dalam perang karena konflik itu akan menyebar ke seluruh wilayah Timur Tengah.

Menurut para analis, keterlibatan sekutu-sekutu Israel juga dapat mengakibatkan kehancuran Hizbullah.

Setelah serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 terhadap Israel yang memicu perang Gaza saat ini, serangan lintas batas antara Israel dan Hizbullah terus meningkat.

Hizbullah terus menekan Israel sebagai bentuk solidaritas dengan Hamas, dengan menembakkan rudal ke perbatasan yang telah memaksa ribuan warga Israel mengungsi. Sementara itu, Israel telah membalas dengan serangan di Lebanon selatan.

Sementara itu, sekutu-sekutu Israel, termasuk AS, telah berupaya untuk mencegah konflik yang lebih luas sambil mengerahkan lebih banyak pasukan ke Timur Tengah untuk menghalau Iran dan sekutunya.

Namun Israel kini memerangi Hizbullah, membunuh beberapa pemimpin senior kelompok tersebut di Beirut sejak Jumat pekan lalu dan melancarkan serangan rudal yang menurut otoritas kesehatan Lebanon telah menewaskan sekitar 550 orang.

"Israel telah membuat keputusan untuk meningkatkan ketegangan," kata Wechsler. Menurutnya, Israel sudah tahu Hizbullah akan menyadari bahwa merespons dengan kekuatan penuh dapat memicu serangkaian peristiwa yang mengakibatkan kehancurannya.

Efek Keterlibatan AS



Setelah perang tahun 2006 dengan Israel, Hizbullah mulai menimbun senjata sebagai pencegah dan ancaman. Dengan bantuan Iran, Hizbullah memperoleh tidak hanya rudal tetapi juga senjata berpemandu presisi dan sistem pertahanan udara.

Namun, kata Wechsler, dalam skenario di mana Hizbullah menggunakannya untuk efek yang paling menghancurkan—yang dapat membunuh puluhan ribu warga sipil, menyebabkan pemadaman listrik, dan menghancurkan infrastruktur— Pasukan Pertahanan Israel (IDF) akan memiliki kapasitas untuk membalas dan menimbulkan kerusakan besar pada Hizbullah sebagai respons.

"Jika terjadi perang besar-besaran, kami menilai bahwa setidaknya beberapa baterai Iron Dome akan kewalahan," kata seorang pejabat senior AS yang tidak disebutkan namanya kepada CNN pada Juni lalu.

Dua pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media tersebut bahwa Israel yakin Iron Dome dapat menjadi rentan, terutama di wilayah utara.

IDF tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Business Insider.

Iron Dome adalah salah satu sistem pertahanan paling canggih yang beroperasi di Israel.

Sistem ini terdiri dari serangkaian 10 baterai bergerak yang dapat digunakan di seluruh Israel.

Setiap baterai Iron Dome terdiri dari tiga hingga empat peluncur yang membawa puluhan rudal pencegat Tamir dan radar sensitif, kata kontraktor Raytheon Technologies.

Serangan yang menjebol Iron Dome dapat memulai siklus kekerasan, dengan AS kemungkinan turun tangan untuk membela Israel dan membalas setiap kehilangan nyawa orang Amerika dalam serangan Hizbullah, kata Wechsler.

Iran kemudian dapat terlibat, karena takut akan kehancuran kelompok proksi yang paling kuat dan penting-nya, dan menggunakan jaringan milisi regionalnya yang besar untuk menyerang pangkalan dan sekutu AS di seluruh wilayah, imbuh Wechsler.

Itu adalah rangkaian peristiwa yang kemungkinan besar sangat diwaspadai oleh Hizbullah dan pendukungnya di Teheran.

"Amerika Serikat tidak akan membiarkan Israel berada di bawah ancaman eksistensial. Amerika Serikat tidak akan membiarkan mitranya di Teluk berada di bawah ancaman eksistensial," kata Wechsler.

"Lebih masuk akal secara logis bagi Hizbullah untuk mundur, untuk kembali ke status quo ante dengan cara tertentu," paparnya.

Satu kemungkinan, menurut beberapa laporan media Barat, adalah bahwa Israel "meningkatkan eskalasi untuk meredakan eskalasi", menempatkan Hizbullah di bawah tekanan kuat untuk mengamankan perjanjian diplomatik yang memaksanya untuk mundur lebih jauh dari perbatasan Israel, yang dapat memungkinkan warga Israel yang dievakuasi untuk kembali.

Namun, untuk saat ini, Hizbullah tidak menunjukkan tanda-tanda akan mengalah, meluncurkan serangan rudal pertamanya pada Rabu pagi di Tel Aviv. Menurut kelompok tersebut, serangan kemarin dimaksudkan untuk menyerang markas besar Mossad.

Serangan kemarin adalah tembakan peringatan tentang kemampuan Hizbullah.

Namun, bahaya yang sangat besar adalah bahwa perang dapat meningkat dengan cara yang tidak dapat diprediksi oleh siapa pun.

Tidak jelas, sebagai permulaan, di mana tepatnya Hizbullah menarik garis merahnya yang akan memicu serangan rudal dan pesawat tak berawak massal terhadap Israel.

Beberapa analis berspekulasi bahwa Israel tengah mempersiapkan serangan darat baru di Lebanon selatan untuk mengusir Hizbullah.

Ini bisa menjadi salah satu pemicu bagi Hizbullah untuk menggunakan persenjataan misilnya. Atau Israel bisa memutuskan bahwa Israel telah melewati batas dengan kampanye pengebomannya dan tengah mempersiapkan serangan yang akan segera terjadi.

"Hanya karena masuk akal secara logis bukan berarti itu akan terjadi," kata Wechsler tentang dorongan Hizbullah untuk bertindak dengan menahan diri.
(mas)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More