Sibuk Bela Israel dari Ancaman Iran, AS Kosongkan Pasifik Tanpa Kapal Induk

Selasa, 27 Agustus 2024 - 12:02 WIB
USS Abraham Lincoln, salah satu kapal induk AS yang siaga di Timur Tengah untuk bela Israel dari ancaman serangan Iran. AS saat ini kosongkan Samudra Pasifik tanpa kapal induk mereka. Foto/Zona-Militar
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah mengosongkan kawasan Samudra Pasifik tanpa kehadiran kapal induk mereka.

Salah satu penyebabnya, Washington terlalu sibuk membela Israel dari ancaman serangan Iran dan proksinya hingga harus menempatkan dua kapal induk dan kelompok serangnya di Timur Tengah.

Mengutip laporan Naval News, Selasa (27/8/2024), penempatan Kelompok Penyerang Kapal Induk USS Abraham Lincoln (CVN 72) dari wilayah operasi Armada ke-7 ke wilayah operasi Armada ke-5 telah membuat Amerika Serikat tidak memiliki kapal induk yang dikerahkan di Samudra Pasifik, pada saat mereka sangat dibutuhkan.





Keberangkatan USS Abraham Lincoln bertepatan dengan perubahan pelabuhan asal kapal induk USS Ronald Reagan (CVN 76) dari Yokosuka, Jepang ke Bremerton, Washington. Pengganti USS Ronald Reagan, USS George Washington (CVN 73) masih berada di San Diego untuk kunjungan pelabuhan yang dijadwalkan.

Kapal induk Angkatan Laut AS lainnya yang berbasis di Pasifik berada di pelabuhan atau dalam periode ketersediaan pemeliharaan.

Dari enam kapal induk di Pasifik, USS Carl Vinson baru-baru ini berpartisipasi dalam RIMPAC 2024, USS Nimitz baru-baru ini menyelesaikan periode ketersediaan tambahan yang direncanakan selama enam bulan untuk pemeliharaan, USS Ronald Reagan baru-baru ini menyelesaikan pemindahan pelabuhan asal ke Pangkalan Angkatan Laut Kitsap, dan USS George Washington akan tetap berada di San Diego hingga pertukaran awak dan peralatan dari USS Ronald Reagan selesai.

Kelompok Penyerang Kapal Induk USS Theodore Roosevelt dan USS Abraham Lincoln keduanya dikerahkan di wilayah operasi Armada ke-5 sebagai respons terhadap kemungkinan meningkatnya konflik regional besar di Timur Tengah.

USS Theodore Roosevelt mendekati bulan kesebelas pengerahannya, dan USS Abraham Lincoln memangkas pengerahan Armada ke-7-nya lebih cepat setelah Menteri Pertahanan Lloyd Austin memerintahkan kapal induk itu ke Timur Tengah di tengah penumpukan pasukan AS di wilayah tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More