Sheinbaum Jadi Presiden Meksiko, 4 Negara Ini Juga Sedang Dipimpin Orang Yahudi

Rabu, 05 Juni 2024 - 13:34 WIB
Claudia Sheinbaum terpilih pekan ini sebagai wanita pertama Meksiko dan presiden Yahudi pertama di negara itu. Foto/REUTERS
KIEV - Claudia Sheinbaum terpilih pekan ini sebagai wanita pertama Meksiko dan presiden Yahudi pertama di negara itu.

Dia pun bergabung dengan daftar pendek hanya empat orang Yahudi lainnya di luar Israel yang saat ini menjabat sebagai presiden atau perdana menteri suatu negara.

Sejarah sebelumnya menyediakan daftar yang jauh lebih panjang. Benjamin Disraeli, yang lahir sebagai seorang Yahudi tetapi menjadi penganut Anglikan saat remaja, menjabat dua kali sebagai perdana menteri Inggris.



Leon Blum adalah perdana menteri Prancis sebelum dan sesudah Perang Dunia II. Namun, puluhan orang Yahudi yang kurang dikenal telah memimpin negara mereka, termasuk Ricardo Maduro di Honduras dari tahun 2002 hingga 2006, Leon Kengo wa Dondo di tempat yang sekarang menjadi Republik Demokratik Kongo pada tahun 1980-an dan awal 1990-an, dan Sophie Wilmes, perdana menteri Belgia dari tahun 2019 hingga 2020.

Sheinbaum, yang menang telak dan akan dilantik pada bulan Oktober, telah meminimalkan latar belakang Yahudinya di jalur kampanye. Meski demikian, dia juga mendapat tuduhan sebagai sosok yang bukan sepenuhnya orang Meksiko.

Berikut adalah empat orang Yahudi yang memimpin negaranya, tidak termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Isaac Herzog dari Israel.

1. Volodymyr Zelensky, Presiden Ukraina



Zelensky, yang terpilih pada tahun 2019, telah menggambarkan tumbuh dalam "keluarga Yahudi Soviet biasa."

Meskipun dia tidak sering menyinggung tentang ke-Yahudi-annya selama kampanye. Hal itu membuat banyak orang Yahudi Ukraina gelisah, yang mengingat pogrom anti-Yahudi dan khawatir mereka akan disalahkan atas segala kekurangan pemerintah yang ditudingkan atau benar-benar terjadi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More