7 Ketangguhan Armada Drone Peaky Blinders, Dilatih NATO hingga Membunuh Ratusan Tentara Rusia

Senin, 27 Mei 2024 - 20:20 WIB
Peaky Blinders menjadi armada drone paling diandalkan Ukraina. Foto/AP
KYIV - Di desa Lyptsi, pasukan Ukraina tampaknya telah menumpulkan serangan mendadak Rusia. Beberapa minggu yang lalu, mereka bergerak maju dengan cepat menuju Kharkiv. Namun dengan bantuan bala bantuan, Ukraina perlahan-lahan membendung gelombang tersebut.

Namun ancaman dari utara belum hilang. Lyptsi masih menjadi sasaran. Dua anggota tim mengarahkan senapan ke luar jendela. Mereka memindai langit untuk mencari drone kamikaze. Mereka telah menjadi salah satu senjata paling ampuh dalam perang ini.

Unit Ukraina ini juga akan menggunakannya. Mereka menyebut diri mereka Peaky Blinders, diambil dari nama serial TV kultus.

7 Ketangguhan Armada Drone Peaky Blinders, Dilatih NATO hingga Membunuh Ratusan Tentara Rusia

1. Dilatih Pasukan NATO



Foto/AP



Oleksandr, pemimpin Peaky Blinders, mengatakan saat pecahnya perang, mereka muncul untuk menjaga jalan-jalan dengan senapan dan mengenakan pakaian sipil. Dia bilang itu seperti adegan dari acara hit.

Namun mereka bukan lagi tim relawan yang tidak berguna. Mereka kini tangguh dalam pertempuran dan telah dilatih oleh pasukan khusus Barat. Mereka sekarang adalah Peaky Blinders berteknologi tinggi, menggunakan drone kecil yang murah dan diproduksi secara massal.

Namun demikian, mereka tetap mempertahankan nama tersebut dan mengenakan topi datar sebagai kamuflase, dengan moto mereka tersulam di bagian belakang – “Menemukan dan Menghancurkan”.

2. Dulunya Adalah Prajurit Tempur di Garda Depan



Foto/AP

Mereka dulunya mempertahankan jalanan dengan senapan, namun sekarang Peaky Blinders adalah veteran yang tangguh dalam pertempuran

Selama beberapa minggu terakhir Oleksandr benar-benar berjuang untuk rumahnya. Dia biasa bertani di ladang dekat galian mereka – yang tersembunyi di balik barisan pepohonan. Sebelum perang, dia menanam stroberi di sini. Tapi sekarang dia menanam bom.

3. Menarget Tentara Rusia



Foto/AP

Sejak serangan dimulai, tim Peaky Blinders mengatakan mereka telah membunuh atau melukai lebih dari 100 tentara Rusia. Mereka beroperasi seperti angkatan udara kecil dengan puluhan drone dan segudang bom – yang satu untuk menghancurkan tank, yang lain untuk menargetkan kelompok infanteri atau tentara individu.

Mereka menjatuhkan bom atau menggunakan drone kamikaze yang mereka terbangkan langsung ke sasaran. Mereka juga dikenal sebagai First Person View, atau drone FPV.

Untuk mengisi waktu, mereka menggunakan salah satu drone mereka yang lebih besar untuk melucuti senjata pasukan yang telah mereka bunuh. Dilengkapi dengan pengait, mereka akhirnya berhasil mengambil senapan serbu di samping tentara Rusia yang tewas.

Mereka tidak hanya membunuh, tapi juga mengambil senjata. Drone telah mengubah perang ini menjadi sebuah titik.

Namun Anton, kakak laki-laki Oleksandr, tahu bahwa mereka tidak cukup untuk mengalahkan Rusia. “Kita bisa menahan mereka dengan drone dan melukai mereka,” katanya, “tapi sayangnya, kita tidak bisa menang bersama mereka”.

Dia mengatakan senjata jarak jauh yang menargetkan peningkatan pasukan Rusia di perbatasan “bisa mencegah serangan ini.”

4. Jago dalam Perang Elektronik



Foto/AP

Rusia juga, seperti mereka, telah menemukan cara untuk menghambat sinyal mereka dengan menggunakan peperangan elektronik.

Ketika Peaky Blinders akhirnya menemukan target baru, sinyal mereka diblokir sebelum mereka dapat melakukan pembunuhan. Mereka bisa kehilangan empat atau lima drone dalam sehari.

Meskipun mengalami kemunduran, Oleksandr mengatakan serangan di Kharkiv telah memberikan angin kedua bagi pasukannya yang lelah. Sebelumnya, mereka khawatir dunia akan kehilangan minat. Namun dia tahu bahwa hal tersebut masih merupakan bahaya, dan belum terlihat adanya akhir.



5. Perang Bisa Berlangsung Lama



Foto/AP

Ia memperkirakan konflik ini akan berlangsung sangat lama “mungkin selama beberapa tahun atau bahkan puluhan tahun”. Tidak ada pihak, katanya, yang memiliki kekuatan untuk memberikan pukulan telak. Untuk mendorong Rusia kembali ke perbatasannya, ia mengatakan Ukraina akan membutuhkan dukungan “sangat besar” dari Barat.

Namun untuk saat ini, serangan terbaru Rusia tersebut berhasil digagalkan. Oleh Syniehubov – kepala administrasi militer Kharkiv – yakin rencana awal adalah pergi ke kota Kharkiv. Dia mengatakan kepada BBC bahwa tentara Rusia yang baru ditangkap mengungkapkan bahwa tujuan mereka adalah merebut kota Vovchansk dalam dua hari, dan mencapai kota Kharkiv dalam lima hari.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More