Deretan Kampus Elite AS yang Menggelar Demonstrasi Pro-Palestina saat Wisuda

Senin, 13 Mei 2024 - 21:05 WIB
Upacara wisuda di kampus AS diwarnai dengan aksi bela Palestina. Foto/AP
WASHINGTON - Wisudawan kampus di seluruh Amerika Serikat tahun ini berjalan di atas panggung untuk mengambil gelar mereka setelah mengenakan bendera Palestina dan keffiyeh dengan topi dan gaun mereka.

Upacara wisuda berlangsung pada bulan Mei selama protes dan perkemahan sebagai bentuk solidaritas terhadap hampir 35.000 warga Palestina yang terbunuh sejak perang Israel di Gaza dimulai lebih dari tujuh bulan lalu.

Para pengunjuk rasa yang mendirikan perkemahan di kampus-kampus selama beberapa minggu terakhir menyerukan universitas-universitas mereka untuk memutuskan hubungan akademis dan keuangan dengan Israel. Para pengunjuk rasa tandingan juga membuat diri mereka terdengar dengan beberapa orang membawa bendera Israel dan menampilkan pesan-pesan pro-Israel selama upacara wisuda.



Sementara para mahasiswa di beberapa institusi menggunakan kelulusan untuk melanjutkan protes mereka, beberapa universitas – termasuk Universitas Columbia di New York, tempat perkemahan pertama diadakan pada bulan April – telah membatalkan upacara. Universitas-universitas lain telah mengubah lokasi dan menerapkan langkah-langkah keamanan.

Deretan Kampus Elite AS yang Menggelar Demonstrasi Pro-Palestina saat Wisuda

1. Universitas Michigan



Foto/AP

Melansir Al Jazeera, pada upacara tanggal 4 Mei, beberapa mahasiswa mengibarkan bendera dan spanduk Palestina sebagai bentuk protes. Petugas polisi hadir selama dua jam upacara tersebut, yang tidak berhenti akibat protes tersebut.

Para pengunjuk rasa menuntut universitas tersebut melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel. Institusi telah mengizinkan mahasiswanya untuk mendirikan perkemahan di kampus.

Namun, saat makan malam yang diadakan untuk penerima gelar kehormatan pada malam tanggal 3 Mei, polisi membantu membubarkan pertemuan besar di luar tempat makan malam, dan setidaknya satu orang ditangkap.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More