Deretan Negara Muslim Pendukung Setia Hamas

Sabtu, 16 Maret 2024 - 19:19 WIB
Banyak negara Muslim memberikan dukungan penuh kepada Hamas. Foto/Rueters
GAZA - Gerakan Islam Palestina Hamas melancarkan serangan terbesarnya terhadap Israel selama bertahun-tahun pada tanggal 7 Oktober silam. Mereka menembakkan setidaknya 5.000 rudal ke wilayah tersebut.

Sebagai balasannya, Israel menyatakan 'perang' setelah serangan roket oleh pejuang Hamas yang juga menyusup ke wilayah Israel melalui darat, air dan udara dan melancarkan serangan terhadap warga sipil. Israel melancarkan Operasi Pedang Besi untuk menetralisir Hamas di Gaza.

The Times of Israel mengutip Kementerian Luar Negeri yang menyebutkan 84 negara menyatakan dukungannya terhadap Israel. Negara-negara seperti Prancis, Jerman, Italia, Inggris, dan Amerika Serikat juga mengeluarkan pernyataan bersama yang menyatakan dukungan bersama dan mengutuk Hamas dan tindakan terorismenya yang mengerikan.

Deretan Negara Muslim Pendukung Setia Hamas

1. Iran



Foto/Reuters



Meskipun Iran telah menolak tuduhan keterlibatannya dalam membantu Hamas mengatur serangan terhadap Israel, namun pemimpin tertinggi negara tersebut, Ayatollah Ali Khamenei, memuji apa yang disebutnya sebagai kekalahan militer dan intelijen Israel yang "tidak dapat diperbaiki".

Khamenei mengatakan, "kami mencium tangan mereka yang merencanakan serangan terhadap rezim Zionis." Menanggapi serangan terhadap Israel, Pemerintah Iran mengatakan bahwa negaranya “mendukung pertahanan sah bangsa Palestina,” setelah pembicaraan telepon dengan para pemimpin pejuang Palestina.

2. Afganistan



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More