Mengapa Banyak Negara Amerika Latin Berani Memutuskan Hubungan Diplomasi dengan Israel Dibandingkan Negara Arab?

Kamis, 02 November 2023 - 05:50 WIB
Negara-negara Amerika Latin lebih berani memutuskan hubungan diplomasi dengan Israel dibandingkan negara Arab. Foto/Reuters
GAZA - Bolivia telah memutuskan hubungan dengan Israel. Kolombia dan Chile telah menarik duta besar mereka. Argentina mengutuk serangan Israel .

Meskipun situasi politik domestik di masing-masing negara berbeda, Michael Shifter, mantan presiden lembaga pemikir Dialog Antar-Amerika, mengatakan tindakan mereka baru-baru ini terhadap Israel masuk akal.

“Chile memiliki populasi Palestina terbesar di Amerika Latin, jadi menurut saya ini adalah konstituen politik yang penting di Chili,” kata Shifter kepada Al Jazeera.

“Dan tentu saja, Presiden Bolivia Luis Arce dan [Presiden Kolombia] Gustavo Petro memiliki konstituen yang tentunya memiliki solidaritas dan simpati terhadap perjuangan rakyat Palestina.





“Jadi bagi saya, tidak terlalu mengejutkan bahwa kita telah melihat gerakan-gerakan ini, dan kita bisa melihat lebih banyak lagi gerakan seperti ini di negara-negara lain.”

Sementara itu,

Mantan Duta Besar Daniel Carmon, yang menjabat sebagai diplomat tertinggi Israel di Argentina dan merupakan pakar hubungan Israel dengan Amerika Latin, mencatat bahwa Bolivia pernah memutuskan hubungan dengan Israel sebelumnya pada tahun 2009 setelah operasi militer di Gaza, namun kemudian memperbarui hubungan pada tahun 2019. diperbarui setelah pengunduran diri Presiden Bolivia saat itu Juan Evo Morales, yang dianggap dekat dengan Iran.

“Keputusan La Paz nampaknya aneh, dan saya tidak yakin apa sebenarnya yang ingin mereka capai dengan langkah seperti itu,” kata Carmon kepada Al-Monitor. “Hal ini dapat merugikan pariwisata Israel di negara tersebut. Mungkin ada beberapa kepentingan politik internal yang terlibat, terutama jika Anda melihat diplomasi internasional saat ini, di mana pemutusan hubungan menjadi hal yang jarang terjadi,” katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More