Ketika Barat Berstandar Ganda dalam Sikapi Palestina dan Ukraina

Selasa, 10 Oktober 2023 - 08:01 WIB
Petugas medis selamatkan anak kecil korban serangan militer Israel di Gaza, Palestina. Sikap standar ganda Barat dalam menyikapi Palestina dan Ukraina menuai kritikan. Foto/REUTERS
GAZA - Menyusul serangan mendadak Operasi Badai al-Aqsa oleh Hamas terhadap Israel pada Sabtu lalu, Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang kehilangan orang-orang tercinta dalam apa yang dia sebut sebagai "serangan teroris".

"Hak Israel untuk membela diri tidak perlu dipertanyakan lagi," katanya di media sosial X.

Banyak pemimpin Barat, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, menyuarakan sentimen serupa.

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen mengatakan: "Israel mempunyai hak untuk membela diri—hari ini dan di masa mendatang. Uni Eropa mendukung Israel."





Mengutip laporan Al Jazeera, Selasa (10/10/2023) banyak pengguna media sosial yang mengkritik pernyataan para pemimpin Barat tersebut, meningkatkan kekhawatiran tentang persepsi “standar ganda” dalam tanggapan Barat terhadap peristiwa ini.

Kebanyakan pemimpin Barat memuji hak Ukraina untuk membela diri dan mengutuk invasi Rusia. Namun, beberapa komentator berpendapat bahwa hal yang sama tidak dapat dikatakan mengenai pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza, Palestina.

Aaron Bastani, seorang jurnalis Inggris, mengatakan di X: "Standar ganda yang jelas dalam mendukung terorisme terhadap sasaran sipil di Ukraina...dan mengutuknya oleh warga Palestina."

Banyak pengguna internet mengatakan diplomat dan media Barat sering menunjukkan solidaritas terhadap warga Ukraina yang membela tanah air mereka, namun menyebut warga Palestina yang berperang melawan Israel sebagai “teroris”.

Sebuah ilustrasi yang sering beredar di media sosial menggambarkan wajah seorang perempuan, dengan satu mata tertutup di samping bendera Palestina dan mata lainnya terbuka di samping bendera Ukraina, melambangkan dugaan standar ganda dalam cara pandang kedua konflik tersebut di Barat.

Klip dari wawancara CNN dengan Mustafa Barghouti, Sekretaris Jenderal Inisiatif Nasional Palestina, juga muncul di media sosial. Dalam wawancara tersebut, dia secara retoris mempertanyakan mengapa Amerika Serikat mendukung Ukraina dalam memerangi pendudukan, namun mendukung penjajah dalam konteks Palestina, di mana pendudukan terus berlanjut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More