Daftar Tahanan AS dan Iran yang Dibebaskan dalam Pertukaran, Total 10 Orang

Selasa, 19 September 2023 - 13:45 WIB
Siamak Namazi dan Morad Tahbaz yang dibebaskan selama kesepakatan pertukaran tahanan antara AS dan Iran, tiba di Bandara Internasional Doha pada Senin (18/9/2023). Foto/REUTERS
WASHINGTON - Tahanan Amerika Serikat (AS) dan Iran yang dibebaskan dalam pertukaran telah bertahun-tahun dipenjara.

Mereka semua akhirnya bisa pulang ke negara masing-masing setelah kesepakatan pertukaran tahanan dan pencairan dana sebesar USD6 miliar atau Rp92 triliun disetujui kedua belah pihak.

Hubungan antara AS dan Iran memang tidaklah akur selama lebih dari 40 tahun. Itu diperburuk setelah Donald Trump pada tahun 2018 mengingkari kesepakatan untuk mengekang program nuklir Iran dan menerapkan kembali sanksi AS.

Ada lima tahanan Iran yang berada di AS, begitu juga sebaliknya. Dilansir dari laman AlJazeera, Gedung Putih telah menyebutkan tiga tahanan, yang dibebaskan menjadi tahanan rumah sebelum pertukaran, sebagai Siamak Namazi, Emad Sharghi dan Morad Tahbaz.

Sedangkan untuk dua orang lainnya masih menyembunyikan identitasnya. Namun beberapa media AS menyebutkan bahwa salah satu diantaranya adalah wanita.



Tahanan AS dan Iran yang Dibebaskan

1. Emad Sharghi



Pengusaha keturunan Iran-Amerika berusia 59 tahun ini pertama kali ditangkap pada tahun 2018 ketika bekerja untuk Saravan Holding, perusahaan investasi teknologi.

Emad sempat dibebaskan dengan jaminan setelah delapan bulan dipenjara dan Pengadilan Iran membebaskannya dari tuduhan mata-mata dan terkait keamanan, namun larangan perjalanannya tetap ada.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More