Aneh, Rumah Kayu Hampir Seabad Ini Satu-satunya yang Selamat dari Kebakaran Hawaii

Rabu, 23 Agustus 2023 - 08:17 WIB
Rumah kayu berumur hampir seabad di Front Street, Lahaina, jadi satu-satunya bangunan yang selamat dari kebakaran hutan Maui, Hawaii. Foto/Robert Gauthier/Los Angeles Times
LAHAINA - Kebakaran hutan Maui di Hawaii telah membakar kota Lahaina. Anehnya, ada rumah kayu berumur hampir seabad yang menjadi satu-satunya bangunan yang selamat.

Sejumlah foto menunjukkan bangunan di semua sisi rumah beratap warna merah hancur.

Para pakar mengatakan pekerjaan halaman dan ruang yang luas mungkin telah menyelamatkan bangunan itu. Menurut mereka, itu adalah cara terbaik untuk melindungi rumah dari kebakaran hutan.

Kebakaran hutan yang melanda Maui awal bulan ini menghancurkan kota bersejarah Lahaina, membuat hampir setiap bangunan menjadi puing-puing abu—tetapi satu rumah kayu di tengah kota ini selamat.





"Ketika kita melihat foto-foto ini, kita melihat apa yang telah terbakar. Kita melihat mobil dan rumah, dan kita lalai melihat apa yang tidak terbakar," kata Pat Durland, konsultan dan anggota dewan di organisasi nirlaba Hawaii Wildfire Management Organization kepada Insider, Rabu (23/8/2023).

"Di situlah letak jawabannya," katanya lagi.

Pemilik rumah itu juga terkejut menemukan bangunannya masih berdiri. Sang pemilik mengaku tidak melakukan upaya apa pun untuk membuat rumah itu tahan api.

"Sepertinya itu dipotret," kata pemilik rumah Trip Millikin kepada Honolulu Civil Beat, mengacu pada bagaimana rumah putih beratap merah itu sekarang terlihat, ketika puing-puing mengelilinginya. Bahkan mobil di jalan masuk terlihat mulus.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More