4 Negara dengan Penggunaan Sepeda Motor Tertinggi, Indonesia Peringkat Berapa?

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 17:35 WIB
Sepeda Motor menjadi moda transportasi paling efektif di negara-negara Asia Tenggara. Foto/Reuters
JAKARTA - Saat melintasi jalanan padat, terutama pada jam sibuk, sepeda motor menjadi alat transportasi yang nyaman ke berbagai tujuan dalam waktu sesingkat mungkin. Bagi sebagian orang, sepeda motor adalah satu-satunya alat transportasi yang terjangkau.

Di negara berkembang, sepeda motor terutama digunakan karena harganya yang cukup murah, sedangkan di negara maju sepeda motor terutama merupakan barang mewah dan digunakan sebagian besar untuk rekreasi dan simbol identitas pribadi.

Dari seluruh sepeda motor yang ada di dunia, 58% berada di Asia Pasifik dan kawasan Asia lainnya seperti Asia Selatan dan Timur. Berikut negara-negara dengan penggunaan sepeda motor tertinggi di dunia.

Berikut adalah 4 negara dengan penggunaan sepeda motor tertinggi di dunia.

1. Thailand



Foto/Reuters



Melansir World Atlas, Tak heran jika Thailand dikenal sebagai “negeri 100 juta skuter”. Jalan-jalan di Thailand dipenuhi dengan sepeda dari semua merek dan desain yang mengarah ke berbagai arah. Menurut Pew Research Center, 87% rumah tangga di negara tersebut memiliki setidaknya satu sepeda motor.

Dengan 18 juta rumah tangga, setidaknya ada 15 juta sepeda di Thailand. Menurut BBC, ada hingga 20 juta sepeda motor terdaftar di negara itu dan satu juta lainnya tidak terdaftar. Thailand juga memiliki kematian akibat kecelakaan sepeda motor tertinggi di dunia dengan rata-rata 5.000 kematian pengendara sepeda motor tercatat setiap tahunnya.

2. Vietnam



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More