4 Tradisi Unik Tahun Baru Islam di Luar Negeri, Salah Satunya Ritual Berdarah

Selasa, 18 Juli 2023 - 12:56 WIB
Para pria Irak melakukan ritual Asyura pada perayaan Tahun Baru Islam. Foto/REUTERS
JAKARTA - Tradisi Tahun Baru Islam sangat beragam di setiap negara. Ada yang unik dengan bagi-bagi uang, ada pula yang ditandai dengan ritual berdarah.

Bagi sebagian masyarakat Jawa di Indonesia, malam pergantian Tahun Baru Islam—yang disebut malam 1 Sura (Suro)—sebagai waktu yang sakral, sehingga cukup banyak tradisi yang dilakukan.

Beberapa tradisi di Jawa antara lain Kirab Kebo Bule (pawai kerbau putih), Jamasan Keris (mencuci pusaka), Ledug Suro (tradisi di Magetan), upacara Tabot, dan masih banyak lagi.

Sama seperti Indonesia, sejumlah negara ini juga memiliki tradisinya tersendiri menjelang atau pada saat Tahun Baru Islam tiba.

4 Tradisi Unik Tahun Baru Islam di Berbagai Negara





1. Malaysia



Setiap Tahun Baru Islam di Malaysia akan ada pemberian penghargaan bernama "Tokoh Maal Hijrah" kepada tokoh yang telah banyak berkontribusi untuk Islam. Penghargaan ini biasanya diberikan kepada ulama, pendakwah, pejabat pemerintah, atau pun tokoh masyarakat biasa.

Selain itu, di negeri jiran biasanya juga akan diadakan parade kecil pada malam menjelang Tahun Baru Islam, serupa dengan Indonesia.

Pada malam Tahun Baru Islam juga akan bertebaran banyak pengajian yang membuat banyak orang berbondong-bondong datang ke masjid.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More