alexametrics

Empat Masalah Besar Timnas Jerman di Piala Dunia 2018

A+ A-
1. Pertahanan lemah

Toni Kroos dan Sami Khedira sebenarnya adalah dua nama mentereng di kancah sepakbola internasional. Keduanya adalah pemenang Piala Dunia. Secara keseluruhan keduanya telah bermain 160 kali untuk Jerman. Tetapi apa gunanya, jika kinerjanya tidak tepat?

Pada kekalan 0:1 dari Meksiko, tampak jelas: kecerobohan dalam membangun serangan, dan lambatnya gerakan mundur. Posisi keduanya terlalu di depan. Sehingga Meksiko bisa cepat menyerang balik tanpa perlawanan.

Tim Jerman beruntung, di babak pertama Meksiko tidak mencetak lebih dari satu gol. "Jika kita menyerang dengan tujuh atau delapan pemain, jelas bahwa kekuatan ofensif lebih besar dari stabilitas pertahanan," kata Hummels setelah pertandingan. Kalimat yang setengah menyindir beberapa rekan setimnya.

Toni Kroos di Real Madrid terbiasa dengan bermain bertahan. Saat ia harus bantu menyerang, dia memiliki partner yang menutup barisan pertahanan. Ini yang kurang di timnas.

2. Lemahnya penyelesaian akhir

Tim Jerman berupaya menjebol gawang Meksiko sebanyak 25 kali! Tetapi tidak ada satu pun gol yang jatuh. Lebih buruk lagi, hanya sepertiga dari tendangan ke arah gawang yang tidak melenceng dari gawang.

Ini bukan hanya tidak efisien, tetapi juga nilai yang sangat buruk. Ya, memang ada dua upaya cemerlang. Tendangan bebas Toni Kroos dari jarak 22 meter yang membentur mistar gawang, atau tendangan pemain cadangan Julian Brandt dari jarak 19 meter.

Namun demikian: serangan yang ditampilkan Jerman terlalu sedikit. Tidak tampak kelincahan Timo Werner yang sukses di Bundesliga. Mario Gomez juga tidak mampu unjuk gigi. Pelatih Joachim Löw mungkin juga sama bingungnya dengan penonton.

3. Kehilangan banyak bola

Angka juga bisa menipu: 60 persen penguasaan bola, 88 persen akurasi operan - demikian statistik FIFA untuk tim Jerman dalam pertandingan lawan Meksiko. Apa yang tidak dijelaskan oleh angka-angka ini: tim Jerman sering sekali kehilangan bola. Pemain Meksiko tampak lebih waspada dan gesit dibanding pemain Jerman.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top