alexametrics

Semua Anak Yang Diselamatkan Dari Gua Dalam Kondisi Relatif Baik

Semua Anak Yang Diselamatkan Dari Gua Dalam Kondisi Relatif Baik
Semua Anak Yang Diselamatkan Dari Gua Dalam Kondisi Relatif Baik. picture-alliance/dpa/AP/V. Thian
A+ A-
Sebagian besar anak-anak yang berhasil diselamatkan di Thailand utara kehilangan rata-rata 2 kilogram selama terjebak dalam gua karena banjir. Tetapi mereka umumnya dalam kondisi baik, kata pejabat kesehatan senior Thailand hari Rabu (11/7) kepada wartawan.

Selama tiga hari terakhir di dalam gua sebelum diselamatkan, mereka telah "merawat diri mereka dengan baik di dalam gua," kata pejabat kesehatan Thongchai Lertwilairatanapong pada konferensi pers di rumah sakit di Chiang Rai, di mana kelompok itu sedang memulihkan diri.

Tim penyelamat berhasil membawa keluar kelompok terakhir dari gua Tham Luang Selasa malam, mengakhiri 17 hari masa penantian yang telah menjadi sorotan dunia.

Mereka dibawa dengan helikopter ke rumah sakit berjarak sekitar 70 kilometer dari lokasi pintu gua untuk bergabung dengan rekan satu timnya yang sudah diselamatkan lebih duku dan sekarang berada dalam karantina.

Thongchai Lertwilairatanapong mengatakan, mereka berada dalam "kondisi mental yang sangat baik" dan tidak menunjukkan tanda-tanda stres (foto artikel).

"Ini mungkin karena mereka menghabiskan waktu bersama sebagai satu tim yang saling membantu," katanya.

Infeksi paru-paru

Empat anak laki-laki yang diselamatkan hari Minggu (8/7) sekarang sudah makan makanan normal dan berjalan-jalan, sementara empat yang dibawa keluar gua hari Senin (9/7) masih mendapat makanan lunak.

Orangtua anak laki-laki itu pada hari Minggu sudah dapat mengunjungi mereka tetapi harus mengenakan pakaian khusus dan berdiri sejauh 2 meter sebagai tindakan pencegahan penyakit menular.

Salah satu anak dari kelompok yang terakhir diselamatkan tiba di rumah sakit Selasa malam dan diberitakan mengalami infeksi paru-paru ringan. Dua anak dari kelompok pertama juga mengalami infeksi paru-paru.

Kelompok itu akan tetap dirawat di rumah sakit hingga satu minggu untuk memastikan mereka mendapat perawatan yang tepat untuk kondisi kesehatan mereka. Ini berarti mereka tidak akan bisa menghadiri final Piala Dunia Sepak Bola di Moskow atas undangan FIFA.

Ke-12 anak laki-laki berusia antara 11 dan 16 tahun, dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun, terjebak banjir 23 Juni lalu dan mencari perlindungan dengan masuk lebih jauh ke dalam gua. Mereka ditemukan dua penyelam Inggris pada hari kese,bilan. Tim penyelamat internasional akhirnya melaksanakan misi penyelamatan penuh resiko yang berhasil baik.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top