alexametrics

Mantan Sekjen PBB Kofi Annan Tutup Usia

Mantan Sekjen PBB Kofi Annan Tutup Usia
Mantan Sekjen PBB Kofi Annan Tutup Usia. picture alliance/ZUMAPRESS/A. Lorh-Jones
A+ A-
Kofi Annan, yang menjabat Sekretaris Jenderal PBB yang ke tujuh tutup usia, setelah mengalami sakit singkat. Kofi Annan juga menjadi pemenang Nobel Perdamaian, yang dianugerahkan kepadanya tahun 2001.

Keluarganya beserta Kofi Annan Foundation memberikan pengumuman resmi bahwa ia meninggal dunia Sabtu pagi.

Dalam pernyataan yang dipublikasikan lewat media sosial dikatakan, "Kofi Annan, mantan Sekretaris Jenderal PBB dan Nobel Peace Laureate, meninggal dunia hari Sabtu.".

Setelah berhenti menjabat Sekjen PBB, Annan masih aktif dalam berbagai organisasi. Diplomat internasional kelahiran Ghana itu antara lain aktif dalam upaya mengarahkan perhatian dunia bagi kesengsaraan pengungsi Rohingya.

Yayasan Kofi Annan Foundation bekerja untuk mendorong terbentuknya pemerintahan global yang lebih baik dan untuk menguatkan kapasitas orang-orang dan negara untuk mencapai dunia yang lebih adil dan lebih damai.

Ia juga anggota dalam kelompok yang disebut The Elders, yang didirikan oleh Nelson Mandela. Kelompok ini beranggotakan politisi tinggkat tinggi dan aktivis HAM dan kaum cendikiawan. Mereka bekerjasama untuk memberikan sokongan bagi tercapainya solusi dari berbagai masalah global.

Kofi Annan meninggalkan istri, Nane Maria Annan, dan tiga anak, Ama, Kojo dan Nina.
ml/ap
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top