alexametrics

Jerman Mungkin Akan Berikan Bantuan Finansial untuk Atasi Krisis Turki

Jerman Mungkin Akan Berikan Bantuan Finansial untuk Atasi Krisis Turki
Jerman Mungkin Akan Berikan Bantuan Finansial untuk Atasi Krisis Turki. picture-alliance/A.Gocher
A+ A-
"Akan ada situasi di mana Jerman perlu membantu Turki, terlepas dari ketegangan politik dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan," kata Ketua Partai SPD Andrea Nahles dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di surat kabar media Funke, Minggu (20/8).

"Turki adalah mitra NATO yang tidak dapat kita abaikan. Penting bagi semua pihak bahwa ekonomi Turki tetap stabil agar dapat mengatasi krisis mata uangnya," ujar Nahles.

Sejak awal tahun, nilai mata uang lira Turki anjlok lebih dari 35 persen terhadap dolar AS.

Nahles mengatakan kunjungan Erdogan ke Jerman yang dijadwalkan September mendatang adalah langkah yang tepat.

"Pemerintah federal harus tetap berdialog dengan Turki di semua level," katanya.

"Harapan saya kepada kanselir Jerman adalah, isu-isu penting lainnya juga akan dibahas. Khususnya terkait penangkapan dan penahanan beberapa warga Jerman oleh pemerintah Turki," lanjutnya.

Konsekuensi krisis Turki bagi Eropa

Rekan satu partai yang juga mantan Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel, juga menyerukan agar Jerman dan Eropa tidak mengisolasi Turki.

"Untuk kepentingan kita sendiri, kita harus melakukan segalanya untuk menjaga agar Turki tetap berpihak ke Barat," kata Gabriel kepada surat kabar dari Redaktionsnetzwerk Deutschland (RND).

Gabriel memperingatkan jika Turki tidak stabil akibat sanksi dari Washington, maka bukan AS yang akan menghadapi konsekuensinya melainkan Eropa.

Konsekuensi ini bisa termasuk gangguan ekonomi serta peningkatan jumlah migran dan pengungsi yang datang dari negara itu.

Banyak masalah

Menurut laporan dari majalah Jerman, Der Spiegel, pemerintah Jerman telah mendesak Turki agar menerima bantuan dari International Monetary Fund (IMF). Der Spiegel melaporkan, masalah ini sudah dibahas dalam pembicaraan melalui telepon antara Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz rekannya dari Turki, Berat Albayrak, Kamis (16/8).
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top