alexametrics

Donald Trump dan Kim Jong Un Tandatangani "Dokumen Komprehensif"

Donald Trump dan Kim Jong Un Tandatangani Dokumen Komprehensif
Donald Trump dan Kim Jong Un Tandatangani "Dokumen Komprehensif". Reuters/A. Wallace
A+ A-
Setelah melakukan pembicaraan empat mata, masing-masing hanya didampingi oleh penerjemah, Presiden AS Donald Trump dan pimpinan Korea Utara Kim Jong Un menandatangani sebuah pernyataan bersama, yang disebut Trump sebagai "dokumen komprehensif".

Pernyataan itu memuat empat butir kesepakatan umum. Amerika Serikat dan Korea Utara menyatakan berkomitmen untuk membangun hubungan yang baru sesuai dengan keinginan rakyatnya demi perdamaian dan kemakmuran.

Selanjutnya disebutkan, Amerika Serikat dan Korea Utara akan "menggabungkan upaya bersama untuk membangun rezim perdamaian abadi dan stabil di Semenanjung Korea". Korea Utara juga menegaskan komitmen "untuk bekerja menuju denuklirisasi lengkap".

Pada butir terakhir, kedua negara sepakat untuk mengembalikan tahanan perang maupun mereka yang hilang dalam tugas, "termasuk pemulangan segera, setelah diidentifikasi."

"Lebih baik dari yang diperkirakan"

Sebelum menandatangani apa yang disebut Trump sebagai "dokumen komprehensif", Kim Jong Un mengatakan kedua pemimpin sudah melakukan pertemuan bersejarah "dan memutuskan untuk meninggalkan masa lalu. Dunia akan melihat perubahan besar. "

Trump mengatakan dia telah membentuk "ikatan sangat khusus" dengan Kim Jong Un dan hubungan AS dengan Korea Utara "akan menjadi sangat berbeda".

"Orang-orang akan sangat terkesan dan akan sangat bahagia, dan kami akan menyelesaikan masalah yang sangat berbahaya bagi dunia ini," kata Trump.

Ditanya apakah dia akan mengundang Kim ke Gedung Putih, Trump mengatakan: "Tentu saja, saya akan."

Dia menyebut Kim "sangat pintar" dan "negosiator yang sangat berharga, sangat keras."

"Dia orang yang sangat berbakat. Saya juga belajar bahwa dia sangat mencintai negaranya," kata Trump.

Setelah makan siang kedua pemimpin terlihat berjalan-jalan di taman Capella Hotel. Trump mengatakan KTT ini "lebih baik dari yang diperkirakan siapa pun".
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top