alexametrics

AS Berlakukan Hambatan Tarif Baru Senilai 200 Miliar Dolar bagi Cina

AS Berlakukan Hambatan Tarif Baru Senilai 200 Miliar Dolar bagi Cina
AS Berlakukan Hambatan Tarif Baru Senilai 200 Miliar Dolar bagi Cina. picture-alliance/dpa/Imaginechina/Y. Fangping
A+ A-
Amerika Serikat kembali mengumumkan tarif impor baru senilai $ 200 miliar atas barang-barang dari Cina. Pasar global menunjukkan kekhawatirannya, perang dagang ini akan kian meruncing.

Administrasi pemerintahan Presiden Donald Trump mengatakan Senin (17/9) bahwa tarif baru akan dimulai dari 10 persen pada minggu depan dan meningkat menjadi 25 persen mulai 1 Januari 2019.

Washington sebelumnya berlakukan 25 persen bea terhadap barang-barang impor dari Cina senilai $ 50 miliar, atas apa yang dituduhkannya sebagai praktik perdagangan yang tidak adil.

Dengan tarif impor terbaru ini, sekitar separuh dari volume impor Cina ke Amerika Serikat akan dibebani oleh bea-bea yang sifatnya sebagai hukuman.

Menanggapi aksi terbaru Trump ini, Beijing menyatakan akan membalas tindakan AS dengan juga mengenakan tarif pada berbagai produk asal negara itu senilai sekitar $ 60 miliar.

"Jika AS meluncurkan langkah tarif baru apa pun, Cina akan dan harus mengambil tindakan penanggulangan untuk secara tegas memastikan dan membela hak serta kepentingan sah kami," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang kepada wartawan.

Cina telah memberlakukan tarif balasan terhadap barang-barang AS senilai $ 50 miliar sebagai tanggapan atas langkah-langkah Washington sebelumnya.

Namun, karena volume ekspor Cina ke AS lebih besar daripada volume impornya, ada batasan pada jumlah tarif yang dapat dikenakan Beijing atas barang-barang produk Amerika. Ini menimbulkan kekhawatiran pasar, bahwa Cina akan membalas dengan memberlakukan hambatan pada hal-hal yang bersifat nontarif.

Industri AS juga menentang

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Trump menegaskan, "kalau Cina membalas, maka Amerika Serikat akan segera memberlakukan tarif tahap ketiga, yang seluruhnya bernilai sekitar $ 267 miliar dari impor tambahan."

Sebelumnya, Senin (17/9), Trump memuji sendiri kebijakan perdagangan agresifnya yang juga telah merusak hubungan dengan Kanada, Meksiko, sekutu di Asia dan Uni Eropa.

"Tarif telah menempatkan AS dalam posisi tawar yang sangat kuat, dengan miliaran dolar, dan pekerjaan, mengalir ke negara kami. Kenaikan biaya sejauh ini hampir tidak terlalu mencolok," kata Trump di Twitter.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top