alexametrics

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Tiba di Jerman Pertama Kali?

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Tiba di Jerman Pertama Kali?
Apa Yang Harus Dilakukan Saat Tiba di Jerman Pertama Kali?. picture-alliance/dpa
A+ A-
Hallo semua, untuk kalian pemegang

visa Nasional Jerman

, apakah kalian pernah merasa bingung, takut dan belum tahu apa yang harus dilakukan? Sama. Aku juga waktu pertama kali tiba di Jerman, rasanya masih bingung total, masih banyak dokumen yang harus diurus, tapi bingung mulai dari mana. Karena aku sudah melewati tahap itu, maka kali ini aku akan membagikannya kepada kalian. Semoga bisa membantu. Info ini untuk pemegang visa nasional yang akan menikah ya. Buat teman-teman lain yang mempunyai visa nasional dengan tujuan lain, mungkin juga bisa menyerap sedikit-sedikit. Ada tiga hal penting:

1. Melakukan registrasi diri atau Anmeldung

Ini penting banget dilakukan karena ada batas waktunya. Jika dalam 4 atau 5 minggu kalian lupa atau tidak melapor, nanti kalian bisa kena denda yang katanya mahal. Jadi jangan sampai lupa ya! Registrasi diri berlaku bagi semua orang pemegang visa nasional dengan tujuan apapun. Ini wajib.

Registrasi diri ini harus dilakukan sebelum kalian melakukan pendaftaran untuk mendapat ijin tinggal (resident permit) atau Aufenthaltstitel. Pendaftarannya dilakukan di Ausländerbehörde (ABH). Namanya juga registrasi diri, jadi tujuan dari Anmeldung adalah untuk melaporkan diri bahwa kita akan tinggal di kota yang bersangkutan. Nah, nanti ketika kalian ingin pindah kota, kalian harus melakukan registrasi lagi di kota yang baru. Jadi kantor di kota tempat tinggal lama tahu bahwa kalian berdomisili disana..

Dimana tempat untuk melakukan registrasi diri?

Bürgeramt/Einwohnermeldeamt/Landratsamt/Bezirkamt

Bagaimana cara melakukan registrasi diri?

Kalian harus mencari tau apakah kalian harus membuat janji terlebih dahulu ataukah bisa langsung mendaftar. Untuk aku di kota Nürnberg, bisa langsung datang tanpa janji, tapi antri sekitar 1 jam.

Jadi nanti kalian datang ke kantornya, terus mengantri dan menunggu nomor antrian sampai nomor kalian tiba.

Dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan?

1. Paspor asli

2. Mietvertrag atau Kontrak Sewa apartemen. Untuk kalian yang akan menikah seperti aku, nanti kalian bisa datang bersama calon suami, dan nanti calon suami kalian akan mengisi formulir menyatakan bahwa kalian tinggal bersama. Jadi istilahnya dia itu sebagai tuan rumahnya kalian.

3. Form registrasi yang bisa di download di website masing-masing kota

4. Paspor calon suami kalian
halaman ke-1 dari 4
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top