alexametrics

Akhirnya, Donald Trump dan Kim Jong Un Berjabat Tangan di Singapura

A+ A-
Beberapa minggu setelah retorika keras lewat media dan Twitter, pimpinan Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump bertemu secara langsung di Singapura.

Donald Trump sendiri begitu tiba di Singapura sudah meredam harapan yang terlalu tinggi untuk pertemuan itu. Dia menyebut pertemuan puncak ini sebagai "masa perkenalan".

Mereka datang ke Capella Hotel di pulau wisata Sentosa, melewati menara Shrek di sebuah taman hiburan milik Universal Studios. Tempat pertemuan mereka adalah bekas pangkalan militer Inggris.

Ketika keluar dari mobil limousine berwarna hitam, mereka tidak terlihat tersenyum. Detik-detik pertama pertemuan, keduanya bahkan sempat terlihat kaku.

Donald Trump dan Kim Jong Un lalu berjabat tangan 13 detik, untuk memberi kesempatan kepada wartawan mengambil gambar. Trump menjulurkan tangan untuk menyentuh bahu Kim, dan menatapnya saat Kim Jong Un mengatakan sesuatu.

Keduanya lalu berbalik menghadap ke kamera, mereka berdiri dihadapan selusin bendera Amerika Serikat dan Korea Utara yang dipasang. Mereka berdiri tegak tanpa senyum.

Namun ketika mereka akan berjalan menuju ruang pertemuan, barulah di raut wajah Kim terlihat senyuman. Kedua pria tampak lebih santai ketika mereka turun dari panggung di Capella Hotel.

Mereka terlihat mengobrol dan tersenyum saat akan memasuki ruang pertemuan dan melakukan pertemuan empat mata, masing-masing hanya disertai penerjemahnya.

Trump membuka percakapan dan mengatakan dia benar-benar "merasa sangat baik".

"Saya pikir, (pertemuan) ini akan sangat sukses, dan saya pikir kita akan memiliki hubungan yang hebat, saya tidak punya keraguan."

65 tahun lalu, pasukan Korea Utara yang didukung militer Cina dan pasukan sekutu pimpinan AS sepakat melakukan gencatan senjata. Sejak itu, Korea Utara mengisolasi diri dan mengembangkan senjata nuklir untuk menghadapi apa yang disebutnya "ancaman besar dari AS".
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top