Punya 202 Gigi, Mulut Gadis 7 Tahun di India Bengkak

Kamis, 20 November 2014 - 15:52 WIB
Punya 202 Gigi, Mulut Gadis 7 Tahun di India Bengkak
Punya 202 Gigi, Mulut Gadis 7 Tahun di India Bengkak
A A A
NEW DELHI - Seorang gadis tujuh tahun di India mengeluh karena mulutya bengkak. Setelah diperiksa dokter gigi, gadis itu ternyata memiliki 202 gigi.

Semula gadis itu mengeluh kesakitan kepada ibunya. Oleh ibunya yang tinggal di Gurgaon, India, gadis itu kemudian dibawa ke dokter gigi untuk mencari tahu penyebab putrinya kesakitan.

Dengan sinar-X, dokter itu menunjukkan adanya banyak gigi yang tumbuh tak teratur di dalam gusinya. Gadis itu pun harus bertahan dua jam untuk menjalani operasi guna mengangkat ratusan gigi tersebut.

Kasus seperti ini merupakan yang kedua di India. Pada Juli 2014 lalu, remaja di India juga dioperasi karena mempunyai 238 gigi yang tumbuh tidak teratur. (Baca: Remaja India Ini Punya 238 Gigi)

Dalam kasus terbaru ini, gadis itu ditangani Ajoy Roychoudhary, dokter bedah mulut di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), New Delhi.”Itu mengejutkan untuk melihat situasi yang kompleks seperti di mulut seorang anak di bawah umur,” katanya.

”Biasanya kami melihat beberapa gigi yang abnormal, namun 202 gigi ada di dalam mulut gadis tujuh tahun ini mengejutkan, dan tugas utama kami adalah untuk menyingkirkannya,” lanjut Roychoudhary, seperti dikutip Mirror, Rabu (19/11/2014).

Setelah menjalani operasi, gadis yang identitasnya tidak disebutkan itu, kini mampu mengunyah makanan secara normal. “Keluarga telah mengucapkan terima kasih kepada pusat gigi di AIIMS untuk prestasi yang luar biasa ini,” bunyi pernyataan keluarga gadis kecil itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7067 seconds (0.1#10.140)
pixels