Rusia: Ukraina Harus Menanggung Akibatnya

Minggu, 13 Juli 2014 - 19:29 WIB
Rusia: Ukraina Harus...
Rusia: Ukraina Harus Menanggung Akibatnya
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia pada Minggu (13/7/2014) mengeluarkan pernyataan keras terhadap penembakan warga mereka di wilayah perbatas. Mereka bahkan mengatakan, Ukraina harus menanggung akibat yang setimpal

Melansir Reuters, Ukraina sendiri telah membantah bahwa pasukannya melakukan penembakan di luar wilayah perbatasan. Mereka menuduh separatis pro-Rusia lah yang ada di balik penembakan tersebut.

Beberapa pihak berpendapat, penembakan ini bisa menimbulkan kembali bara konflik yang sempat padam antara kedua negara. Presiden Rusia, Vladimir Putin mungkin akan kembali mengirimkan pasukannya ke wilayah perbatasan.

“Insiden adalah bukti tindakan agresif yang dilakukan oleh militer Ukraina terhadap wilayah kami. Mereka telah melanggar kedaulatan kami, dan membahayakan warga kami,” ungkap Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Grigory Karasin menyatakan, apa yang dilakukan oleh Ukraina adalah sebuah bentuk eskalasi yang membayakan warga Rusia, dan Ukraina harus menanggung akibatnya.

Namun, Karasin juga menegaskan, bahwa apa yang terjadi pada warga mereka adalah buntut dari keeengganan pemerintah Ukraina dan pihak separatis untuk duduk satu meja dan melakukan pembicaraan damai.

“Apa yang terjadi baru-baru ini semakin menunjukan, bahwa kekersan harus segera dihentikan, dan semua pihak yang bertikai harus mau kembali ke meja perundingan,” ungkap Karasin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0835 seconds (0.1#10.140)