Dubes Iran: Kami tak punya senjata pemusnah massal

Kamis, 17 April 2014 - 09:02 WIB
Dubes Iran: Kami tak punya senjata pemusnah massal
Dubes Iran: Kami tak punya senjata pemusnah massal
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Iran kembali menegaskan, bahwa mereka tidak memilki senjata pemusnah massal. Selama ini, isu tersebut selalu dituduhkan negara Barat dan sekutunya terhadap tetangga Irak itu.Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar (Dubes) Iran untuk Indonesia, Muhammad Farazandeh.“Tentara Nasional Iran dipimpin oleh seorang ulama besar, dia adalah presiden kami. Dia sangat faham tentang agama, oleh karena itu dia tidak akan menciptakan senjata pembunuh massal,” ungkap Farazandeh, saat ditemui di acara ulang tahun militer Iran ke-35, Rabu (16/4/2014) malam di Hotel Borobudur, Jakarta.
“Jalan yang ditempuh militer Iran adalah sama seperti yang dijalankan oleh para Nabi. Mereka mengedepakan keadilan dan penegakan keamanan, namun tetap memegang teguh nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai yang memang mulia bagi kehidupan seluruh bangsa di dunia,” Farazandeh menambahkan.

“Pemimpin tertinggi kami sangat mengharamkan produksi, penyimpanan dan penggunaan seluruh bentuk senjata pemusnah massal, khusunya senjata nuklir dan fatwa seperti itu hanya dapat diberikan oleh seseorang yang memiliki pengetahuan tinggi dari segi pengetahuan agama dan pengetahuan yang diperlukan dalam menjalankan sebuah tugas besar yang sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan,” tegas Farazandeh.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran, Mohamad Javad Zarif mengemukakan hal yang sama saat mengunjungi Jakarta bulan lalu. Dia menyatakan, proyek nuklir Iran ditunjukan untuk kebaikan dan perdamaian, bukan untuk senjata.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7318 seconds (0.1#10.140)