Blusukan, Presiden China dikerumuni rakyatnya

Selasa, 25 Februari 2014 - 16:36 WIB
Blusukan, Presiden China dikerumuni rakyatnya
Blusukan, Presiden China dikerumuni rakyatnya
A A A
Sindonews.com - Presiden China, Xi Jinping, membuat kejutan, setelah dia blusukan dan mengunjungi rumah-rumah warganya. Presiden Jinping bahkan berbaur dan bercengkerama dengan para pejalan kaki, tanpa ada sekat antara presiden dan rakyat biasa.

Saat blusukan ke kawasan perbelanjaan terkenal di China, Selasa (25/2/2014), Jinping juga dikerumuni banyak warga. Sebagian besar warga berfoto bersama Prsiden China itu.

Aksi blusukan Jinping langsung menjadi trending topic atau bahan pembicaraan di media sosial. Gaya blusukan Jinping menuai pujian dari rakyatnya. Mereka menyebut, gaya diplomasi presiden dengan rakyat China itu tidak biasa, mengingat pejabat China dikenal kerap menjaga jarak.

Sebuah video amatir yang mengabadikan aksi blusukan Jinping beredar. Video yang diambil dari jarak dekat itu tampak, bahwa Presiden Jinping disambut tepuk tangan para warganya. Video tersebut diduga diabadikan dari kamera ponsel salah satu warga dari sebuah gang sempit.

Aksi Presiden China yang mendadak muncul di hadapan publik, tercatat yang kedua kali. Pada Desember 2013 lalu, dia ikut antre di belakang warganya di sebuah kedai untuk membeli makanan.

”(Pemimpin) partai harus selalu bergandengan tangan dengan rakyat,” puji salah satu pengguna media sosial di China atas aksi blusukan Presiden Jinping, seperti dikutip Reuters. ”Menghirup udara yang sama dan berbagi nasib yang sama,” lanjut komentar warga pengguna media sosial itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5861 seconds (0.1#10.140)