Serbu kompleks al-Aqsa, polisi Israel & warga Palestina bentrok

Selasa, 25 Februari 2014 - 14:45 WIB
Serbu kompleks al-Aqsa, polisi Israel & warga Palestina bentrok
Serbu kompleks al-Aqsa, polisi Israel & warga Palestina bentrok
A A A
Sindonews.com – Sejumlah polisi Israel menyerbu masuk ke kompleks masjid al-Aqsa, Selasa (25/2/2014) pagi. Mereka kemudian terlibat bentrok dengan sejumlah warga Palestina yang sedang berdemonstrasi.

Juru bicara polisi Israel, Micky Rosenfeld, mengatakan, penyerbuan dan bentrokan dipicu ulah demonstran Palestina yang melemparkan batu ke arah polisi Israel. Polisi, lanjut dia, akhirnya menggunakan granat kejut untuk membubarkan warga Palestina.

Menurutnya, ada ketegangan di antara warga Palestina dan Israel, terkait parlemen Israel untuk membahas rencana pencaplokan situs suci al-Aqsa oleh Pemerintah Israel. Situs itu, bagi warga Yahudi, dikenal sebagai Temple Mount atau Bukit Suci.

Dua polisi terluka oleh lemparan batu warga Palestina. Sedangkan tiga demonstran Palestina telah ditangkap. ”Polisi tetap siaga di Temple Mount dan kunjungan wisatawan masih terus berlanjut,” kata Rosenfeld, seperti dilansir Jpost

Situs suci al-Aqsa di Yerusalem timur, merupakan tempat tersuci kaum Yahudi. Karen di dalamnya diyakini terdapat kuil yang pertama kali berdiri. Namun, situs itu juga merupakan tempat suci bagi kaum Muslim, karena di dalamnya berdiri Masjid al-Aqsa. Situs tersebut, sejatinya sudah dicaplok sebagian oleh Pemerintah Israel, namun pengelolaannya masih dilakukan otoritas keagamaan Muslim.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6071 seconds (0.1#10.140)
pixels