Ribuan tikus penghuni kuil di India disembah

Selasa, 25 Februari 2014 - 12:15 WIB
Ribuan tikus penghuni kuil di India disembah
Ribuan tikus penghuni kuil di India disembah
A A A
Sindonews.com – Sekitar 20 ribu ekor tikus yang menghuni kuil Karni Mata di Rajasthan, India diperlakukan istimewa oleh para wisatawan. Ribuan tikus itu dilindungi, di beri makan, bahkan disembah.

Perlindungan pada binatang pengerat itu, bahkan dilakukan ekstra. Di mana, para pemujanya membangun jaring khusus agar predator seperti elang tidak bisa masuk dan memangsa tikus-tikus di kuil tersebut.

Ihwal dikeramatkannya ribuan tikus di kuil itu, bermula dari keyakinan para pemujanya, bahwa tikus-tikus tersebut merupakan reinkarnasi dari Dewi Karni Mata, yang digambarkan dalam sebuah patung di kuil kuno itu.

Surender Sharma, salah seorang pengunjung, mengatakan, dia baru pertama kali berkunjung ke kuil yang dihuni ribuan tikus. ”Tidak ada riwayat wabah di daerah ini, meskipun kehadiran tikus di sini sudah bertahun-tahun. Orang-orang datang ke sini untuk menyembah tikus sebagai dewa,” katanya, seperti dilansir Mail Online, semalam (24/2/2014).

Ribuan tikus yang disembah, setiap harinya diberi makan yang ditaruh dalam mangkok logam berukuran besar. Makanan yang disuguhkan, antara lain susu dan biji-bijian. Pemanangan ribuan tikus itu juga menjadi daya tarik para wisatawan yang penasaran, mengapa hewan-hewan itu disembah.

Yang agak menjijikkan, sisa makanan tikus terkadang di makan para penyembah, karena dianggap membawa berkah. Pengunjung lain, Savita Sharma, sesekali merasa geli dengan keberadaan ribuan tikus di kuil itu.

”Saya terus mengunjungi kuil ini. Pertama kali saya mengunjungi tempat ini saya senang melihat tikus di sekitar. Tapi saya berteriak keras ketika tikus menyentuh kaki saya,” akunya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5160 seconds (0.1#10.140)