Protes diskriminasi etnis India, Menteri Malaysia mundur

Selasa, 11 Februari 2014 - 14:22 WIB
Protes diskriminasi etnis India, Menteri Malaysia mundur
Protes diskriminasi etnis India, Menteri Malaysia mundur
A A A
Sindonews.com – P. Waytha Moorthy, seorang menteri dari etnis India telah mengundurkan diri dari kabinet Malaysia, Selasa (11/2/2014). Langkah itu sebagai protes atas kebijakan Pemerintah Malaysia yang dianggap tidak memihak pada warga minoritas etnis India.

Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak telah menerima pengunduran diri Moorthy. Sebelum menjadi menteri, Moorthy merupakan pemimpin dari kelompok Hindu Rights Action Force, atau Hindraf.

Namun, banyak warga etnis India di Malaysia marah setelah Moorthy menerima pos kabinet tahun lalu. Pemberian jabatan menteri pada warga etnis India itu, seolah-olah sebagai solusi atas masalah sosial yang dialami warga etnis India di Malayisa.

”Waytha Moorthy menyerahkan surat (pengunduran diri)-nya kepada perdana menteri kemarin, kata seorang juru bicara Najib kepada AFP. Meskipun warga etnis India merupakan minoritas di Malaysia, namuan mayoritas dari mereka terjebal dalam lingkaran kemiskinan.

Mereka merasa mengalami diskriminasi dalam pekerjaan di sektor publik. Selain itu, mereka juga kesulitan untuk masuk perguruan tinggi negeri dan mencari beasiswa.

Kelompok Hindraf mengatakan, Waytha Moorthy mengundurkan diri karena gagalnya Najib untuk memenuhi janjinya dalam melindungi hak-hak warga etnis India di Malaysia yang berjumlah sekitar 2 juta jiwa.

”Kami sekarang telah menyerah dengan sebuah harapan, (setelah) delapan bulan mencoba,” kata sekretaris kelompok Hindraf, P. Ramesh dalam sebuah pernyataan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5498 seconds (0.1#10.140)