Aparat Togo sita 4 ton gading gajah selundupan

Selasa, 04 Februari 2014 - 02:00 WIB
Aparat Togo sita 4 ton gading gajah selundupan
Aparat Togo sita 4 ton gading gajah selundupan
A A A
Sindonews.com – Pihak berwenang Togo telah menyita hampir empat ton gading gajah yang diprediksi berasal dari 500 gajah yang telah dibunuh. Gading-gading ini semula akan diselundupkan ke Vietnam.

Seperti dilaporkan Reuters, Senin (3/2/2014), gading-gading ini disamarkan sebagai kacang mete dan kayu. Ratusan gading ini ditemukan oleh aparat Togo pada akhir bulan lalu di Pelabuhan Lome.

Menurut Kotchikya Okoumassou, seorang pejabat senior Kementerian Lingkungan Togo, 500 gajah mati untuk gading-gading yang bernilai sekitar USD 8 juta di pasar gelap internasional.

"Togo hanya memiliki 115 gajah. Jadi, jelas bahwa gading-gading ini tidak berasal dari sini," kata Okoumassou. Dua warga Togo dan seorang pria Vietnam ditangkap terkait kasus ini. Namun, tidak jelas dari mana gading-gading ini berasal.

Perdagangan internasional gading gajah telah dilarang, namun penyelundupan masih terus terjadi. Hal ini disebabkan masih tingginya permintaan akan gading gajah di kawasan Asia. Di Asia, gading gajah diubah menjadi ukiran dan bahan obat-obatan tradisional.

Tahun lalu PBB memperingatkan, bahwa perdagangan gading gajah menjadi sumber dana bagi kelompok-kelompok bersenjata dan merupakan penyebab masalah keamanan di Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, dan Gabon.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5375 seconds (0.1#10.140)