Hongkong pertimbangkan hancurkan 30 ton gading selundupan

Rabu, 08 Januari 2014 - 21:38 WIB
Hongkong pertimbangkan hancurkan 30 ton gading selundupan
Hongkong pertimbangkan hancurkan 30 ton gading selundupan
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Hongkong sedang mempertimbangkan untuk menghancurkan 30 ton gading gajah selundupan yang berhasil disita aparat. Sebelumnya, Pemerintah China untuk pertama kali telah melakukan penghancuran 6 ton gading gajah selundupan.

"Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi menyadari langkah-langkah yang diambil di tempat lain untuk menghancurkan gading selundupan," kata pernyataan departemen itu, Rabu (8/1/2014), seperti dikutip dari Channel News Asia.

Departemen itu mengatakan, saat ini pihaknya tengah meninjau efektivitas tindakan penghancuran dan menyusun proposal untuk menghancurkan puluhan ton gading gajah itu. Selama ini, Hongkong telah menjadi titik transit untuk perdagangan gading gajah ilegal, sebelum mencapai tujuan akhir di China daratan.

Puluhan ton gading gajah itu disita aparat Hongkong sejak 2003. Sebagian besar dikirim dari negara-negara Afrika melalui laut. Kelompok-kelompok konservasi telah melobi pemerintah Hongkong untuk benar-benar menghancurkan gading-gading selundupan itu dan tidak menggunakannya untuk kepentingan lain, semisal bahan baku obat tradisional China.

"Saya pikir mereka akan melakukannya, karena China telah melakukannya dan AS juga telah melakukannya. Itu tren yang ada saat ini,” kata Alex Hofford dari lembaga konservasi Hong Kong for Elephants.

"Ini akan mengirimkan sinyal yang sangat kuat kepada konsumen di China yang membeli gading yang salah," kata Hofford. Meningkatnya permintaan gading gajah di Asia telah membuat angka perburuan gajah di Afrika meningkat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5623 seconds (0.1#10.140)