China hancurkan 6 ton gading gajah selundupan

Senin, 06 Januari 2014 - 22:44 WIB
China hancurkan 6 ton gading gajah selundupan
China hancurkan 6 ton gading gajah selundupan
A A A
Sindonews.com – Aparat China menghancurkan 6 ton gading gajah selundupan, Senin (6/1/2014). Ini adalah upaya China untuk menanggalkan predikat sebagai pusat perdagangan ilegal gading gajah Afrika.

Seperti dilaporkan Xinhua, penghancuran ini dilakukan di selatan kota Dongguan. “Ini adalah upaya terbaru China untuk mencegah perdagangan gading ilegal, melindungi satwa liar, dan meningkatkan kesadaran masyarakat," sebut laporan Xinhua.

Pejabat kehutanan dan bea cukai China mengawasi proses penghancuran itu yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi negara. Gading gajah seberat 6,1 ton itu adalah hasil sitaan sepanjang tahun lalu.

"Dengan langkah-langkah seperti ini kita masih bisa menyelamatkan gajah dari kepunahan," kata Iain Douglas-Hamilton, pendiri Save The Elephants, kelompok konservasi yang berbasis di London.

Beberapa bubuk gading yang hancur akan dibuang dan beberapa ditampilkan dalam sebuah pameran museum. Sedangkan sisanya akan "dipertahankan”, sebut laporan Radio Nasional China. Serbuk gading gajah dapat digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional China.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5363 seconds (0.1#10.140)