Diduga korup, penasihat legislatif China dipecat

Kamis, 02 Januari 2014 - 14:51 WIB
Diduga korup, penasihat legislatif China dipecat
Diduga korup, penasihat legislatif China dipecat
A A A
Sindonews.com – Li Chongxi, dipecat sebagai kepala badan penasihat legislatif di Provinsi Sichuan. Musbabnya, pejabat itu diduga korupsi.

Menurut pihak Partai Komunis China, yang merupakan partai berkuasa, Li sedang diselidiki untuk kasus korupsi. Pemecatan pejabat itu, dilansir kantor berita Pemerintah China, Xinhua, Kamis (2/1/2014). ”Dia diduga melakukan pelanggaran disipilin berat,” tulis media China itu, merujuk pada kasus korupsi yang menjerat Li.

”Pihak berwenang melakukan investigasi kasusnya sesuai prosedur,” lanjut laporan media China itu, mengutip pernyataan dari Departemen Organisasi Partai Komunis China.

Presiden China, Xi Jinping, sejak berkuasa telah bertekad untuk memberangus korupsi di negaranya. Kala itu, dia bersumpah untuk membersihkan China dari pejabat kelas “macan” hingga pejabat renda sekelas “lalat” jika terbukti korup.

Li saat ini dilaporkan berstatus sebagai tahanan rumah. Selain dia, pejabat senior lainnya, Li Chuncheng juga tengah diselidiki untuk kasus serupa.

Dalam kasus terpisah, seorang pejabat senior di provinsi selatan Hunan juga telah dipecat, karena terlibat skandal suap pemilihan anggota parlemen. Hal itu menyusul mundurnya 500 anggota parlemen Kota Hengyang, di Hunan pada bulan lalu, karena terindikasi terlibat kasus suap itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4892 seconds (0.1#10.140)