Putin beri ampunan pada mantan taipan Rusia

Sabtu, 21 Desember 2013 - 00:55 WIB
Putin beri ampunan pada mantan taipan Rusia
Putin beri ampunan pada mantan taipan Rusia
A A A
Sindonews.com – Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberi pengampunan pada Mikhail Khodorkovsky, mantan taipan minyak Rusia yang menjadi salah satu tahanan paling terkenal di negara itu.

"Didasari oleh prinsip kemanusiaan, saya memutuskan untuk memberikan pengampunan kepada Mikhail Khodorkovsky dan membebaskan dia dari penjara," kata Putin dalam sebuah dekrit yang ditampilkan pada website Kremlin, Jumat (20/12/2013).

Keputusan ini mulai berlaku segera dan Khodorkovsky dilaporkan telah meninggalkan penjara pada tengah hari. Sebelumnya, Khodorkovsky mendekam di penjara Kota Segezha, di wilayah utara Karelia, dekat perbatasan Rusia-Finlandia.

Amnesti itu diberikan satu hari setelah Putin menghadiri konferensi pers tahunan yang berlangsung selama empat jam. Putin mencatat, bahwa Khodorkovsky harus menandatangani dokumen permintaan maaf yang sebelumnya “tidak dia lakukan”.

"Tapi baru-baru ini ia menandatangani dokumen ini dan dokumen itu ditujukan kepada saya dengan permohonan grasi," kata Putin. Ia menambahkan, Khodorkovsky yang saat ini berusia 50 tahun telah menjalani hukuman panjang untuk kejahatan serius.

Khodorkovsky, mantan CEO Yukos, ditangkap pada 2003. Pada Mei 2005, sebuah pengadilan distrik Moskow menjatuhkan hukuman sembilan tahun penjara karena penipuan dan penggelapan pajak. Khodorkovsky sendiri telah berulang kali bersikeras tidak bersalah dan bahwa kasus pidana terhadap dirinya itu bermotif politik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5597 seconds (0.1#10.140)