RI dorong OKI jadi garda terdepan dialog antar-agama

Rabu, 11 Desember 2013 - 13:32 WIB
RI dorong OKI jadi garda terdepan dialog antar-agama
RI dorong OKI jadi garda terdepan dialog antar-agama
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Indonesia mendorong negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menjadi garda terdepan untuk memfasilitasi dialog antar-agama dan keyakinan.

Seruan itu, disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri RI, Wardana, pada Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-40 OKI, di Conakry, Republik Guinea.

Dia mencontohkan Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keragaman, terus melakukan dialog yang menjadi bagian dari kehidupan bernegara. Cara itu, katanya, untuk memperkuat harmoni dan toleransi.

”Untuk semakin memperkuat inisiatif di tingkat nasional, Indonesia senantiasa mendorong dialog antar-budaya dan keyakinan pada tingkat regional maupun global,” kata Wardana dalam konferensi yang berlangsung sejak 9 hingga 11 Desember 2013, seperti dikutip dari situs Kemlu RI.

KTM ke-40 OKI dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Guinea, Alpha Conde. Dalam konferensi ke-40 ini, OKI mengusung tema “Dialogue of Civilizations, Factor for Peace and Sustainabe Development”. Sampai saat ini, anggota OKI berjumlah 57 negara, termasuk Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Wardana menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah “The 6th Global Forum of the United Nation’s Alliance of Civilizations” pada tahun 2014 mendatang. Global Forum tersebut akan dimanfaatkan untuk menegaskan kembali pentingnya prinsip-prinsip toleransi dan harmoni.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7013 seconds (0.1#10.140)