Sejumlah negara memuji demokrasi Indonesia

Jum'at, 08 November 2013 - 17:45 WIB
Sejumlah negara memuji demokrasi Indonesia
Sejumlah negara memuji demokrasi Indonesia
A A A
Sindonews.com – Perkembangan demokrasi di Indonesia mendapat apresiasi dari sejumlah negara dalam acara Bali Democracy Forum (BDF) VI, pada Jumat (8/11/2013). Malaysia, salah satu negara yang mengapresiasi hal itu.

Menteri Luar Negeri Malaysia, Dato’ Sri Anifah Aman, dalam pernyataannya di depan lebih dari wakil 80 negara yang hadir dalam BDF, dengan tegas memuji demokrasi di Indonesia. Ia mengakui, bahwa Indonesia dapat menjadi role model bagi pembangunan demokrasi di Asia dan wilayah-wilayah lain di dunia.

Menurutnya, dalam waktu yang sangat singkat, yakni sejak tahun 1998, Indonesia terus menunjukkan contoh yang baik dalam menerapkan proses reformasi. Hal itu kemudian terbukti berhasil ditansformasikan ke dalam bidang politik, pemerintahan serta partisipasi publik dalam pengambilan keputusan. Padahal, lanjut dia, masyarakat Indonesia terkenal sangat majemuk.

”Karena itu, saya berharap, BDF akan terus merefleksikan kepentingan banyak negara dan mengkonsolidasikan nilai-nilai, dan prinsip-prinsip demokrasi. Juga, BDF dapat membangun kerjasama dalam memperkuat demokrasi di Asia dan dunia,” ujarnya.

Pujian juga dilontarkan salah satu pimpinan parlemen Mongolia, Gonchigdorj Radnaasumberel. Baginya, Indonesia adalah sebuah model unik dalam menerapkan demokrasi. Pengalaman keberhasilan Indonesia layak menjadi acuan bagi negara-negara di Asia yang sedang membangun demokrasi.

”Kalau ada negara Islam yang ingin membangun demokrasi, belajarlah dari Indonesia. Kalau ada negara yang memiliki mayarakat multikultur, ambillah pelajaran dari Indonesia. Kalau ada negara berkembang yang sedang membangun demokrasi, mereka bisa mengandalkan (pengalaman) Indonesia,” ujarnya, seperti dikutip dari pemberitaan di situs Kemlu RI.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5639 seconds (0.1#10.140)