Bawa obor Olimpiade Rusia, 3 astronot melesat ke angkasa

Kamis, 07 November 2013 - 15:36 WIB
Bawa obor Olimpiade Rusia, 3 astronot melesat ke angkasa
Bawa obor Olimpiade Rusia, 3 astronot melesat ke angkasa
A A A
Sindonews.com – Badan Antariksa Rusia, pada Kamis (7/11/2013), meluncurkan sebuah roket yang membawa astronot Rusia, Jepang dan Amerika Serikat ke Stasiun Luar Angkas Internasional (ISS). Dalam misi itu, roket yang diluncurkan juga membawa obor Olimpiade Musim Dingin 2014.

Roket yang diluncurkan adalah roket jenis Soyuz-FG. Sedangkan ketiga astronot dibawa kapsul jenis Soyuz TMA. Keduanya, dihiasi dengan aneka simbol Olimpiade yang bakal digelar di Sochi, Rusia.

Roket itu diluncurkan pukul 08.14 waktu setempat atau pukul 16.14 waktu GMT. ”Roket Soyuz FG dan kapsul Soyuz TMA, sukses diluncurkan dari Baikonur kosmodrom pada pukul 08.4 waktu Moskow,” kata Adan Antariksa Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Roket yang dihiasi simbol Olimpiade warna biru dan bertuliskan Sochi 2014 tersebut, meluncur ke langit dari stepa Kazakhstan.


Astronot NASA, Rick Mastracchio sebelumnya menaiki tangga ke kapsul, dengan membawa obor Olimpiade, bersama astronot Rusia, Mikhail Tyurin dan astronot Jepang, Koichi Wakata.

Para astronot kini tengah menempuh perjalanan ke ISS selama enam jam. Di sana, mereka akan bergabung dengan enam astronot yang sudah lebih dulu meluncur.

Saat diluncurkan, obor tetap dalam kondisi mati, demi keamanan. Obor itu akan dibawa kembali ke Bumi oleh tiga astronot tersebut, setelah menjalankan misi 5,5 bulan. Mereka dijdawalkan mendarat di Kazakhstan pada hari Senin pukul 02.50 waktu GMT.

Obor yang mereka bawa akan digunakan untuk menyalakan api Olimpiade di stadion Fisht di Sochi, saat pembukaan pesta olahraga dunia tersebut pada 7 Februari 2014.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4771 seconds (0.1#10.140)