Soal dugaan mata-mata, Malaysia layangkan protes ke AS & Australia

Selasa, 05 November 2013 - 22:29 WIB
Soal dugaan mata-mata,...
Soal dugaan mata-mata, Malaysia layangkan protes ke AS & Australia
A A A
Sindonews.com – Malaysia telah melayangkan protes atas dugaan aktivitas mata-mata yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan Australia. Demikian ditegaskan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, Selasa (5/11/2013).

“Pada prinsipnya, Malaysia menentang setiap kegiatan memata-matai setiap pemerintah, karena melibatkan masalah kedaulatan nasional,” kata Najib, seperti dikutip dari Xinhua. Menurutnya, Kementerian Luar Negeri Malaysia telah memperoleh klarifikasi dari utusan AS dan Australia mengenai kegiatan mata-mata yang diduga dilakukan di kedutaan kedua negara itu.

Najib mengatakan, ia telah diberitahu, bahwa Presiden AS Barack Obama telah memerintahkan peninjauan tentang masalah tersebut. Pemerintah Malaysia telah memperingatkan, bahwa dugaan kegiatan mata-mata dapat mempengaruhi hubungan antara Malaysia dan negara-negara yang terlibat.

Reaksi Pemerintah Malaysia ini menyusul laporan media, bahwa kedutaan AS dan Komisi Tinggi Australia di Kuala Lumpur telah melakukan program pengawasan untuk mencegat telekomunikasi dan internet di Malaysia.

Selain Malaysia, AS dan Australia juga diduga melakukan kegiatan mata-mata melalui Kedubes mereka di Jakarta. Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri telah membahas masalah ini dengan perwakilan AS dan Australia. Namun, AS dan Australia tidak membantah dan juga tidak membernarkan tuduhan itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0471 seconds (0.1#10.140)